Volkswagen Luncurkan Golf GTI 380 2024, Model Terakhir Bertransmisi Manual
Volkswagen Golf GTI 380 2024. (Dok. Volkswagen America)

Bagikan:

JAKARTA - Volkswagen Golf GTI adalah salah satu ikon otomotif global yang sukses sejak kelahirannya pada 1976 dan dikenal sebagai hatchback kompak yang memiliki performa impresif.

Baru-baru ini, VW memperkenalkan edisi istimewa Volkswagen Golf GTI 380 model 2024, dan ini akan menjadi Golf GTI terakhir yang dilengkapi dengan transmisi manual.

Mobil ini hanya akan tersedia di pasar Amerika Utara, sebagai perayaan warisan transmisi manual pada hot hatch VW beberapa tahun terakhir dari Golf GTI dan Golf R.

3

“GTI 380 adalah cara kami untuk menghormati penggemar yang selama lebih dari empat dekade tetap setia pada GTI dengan transmisi manual," kata Petar Danilovic, Senior Vice President of Product Marketing & Strategy dari VW America dalam pernyataan resminya, Rabu, 30 Agustus.

Angka "380" merujuk pada model kode internal generasi kedelapan, Mk8. Ini adalah tradisi yang diikuti oleh GTI sebelumnya, seperti GTI 337 yang mengacu pada generasi keempat pada tahun 2002.

VW Golf GTI 380 tampil mengesankan, dengan pelek multi-spoke berukuran 19 inci berwarna hitam gloss yang diambil dari Golf R 20th Anniversary Edition. Sentuhan hitam gloss juga terlihat pada bagian atas mobil dengan aksen merah khas GTI. Mobil ini juga dilengkapi dengan sistem peredam adaptif DCC dan hadir dalam beberapa varian, yakni S, SE, dan Autobahn.

Di dalam, VW menghormati sejarah GTI dengan menambahkan kenop perpindahan gigi manual berbentuk bola golf, yang telah menjadi ciri khas di setiap generasi. Untuk trim S dan SE, jok kain Scalepaper Plaid klasik menjadi sorotan. Sementara itu, untuk trim Autobahn, kulit Vienna menjadi standar, dan untuk trim SE, menjadi opsional.

Meskipun ada sejumlah fitur istimewa, VW mempertahankan mesin 2,0 liter turbocharged EA888 4-silinder yang juga digunakan di lini Golf GTI 2024 lainnya.

Mesin ini mampu menghasilkan impresif 241 dk dan torsi maksimum sebesar 370 Nm. Kontribusi besar untuk performa mengesankan ini datang dari transmisi manual enam percepatan.

VW telah mengonfirmasi bahwa hot hatch ini akan tersedia pada musim gugur tahun ini, dengan harga mulai dari 32.485 dolar AS atau sekitar Rp494,9 juta hingga 40.625 dolar AS atau setara dengan Rp618,9 juta. Harga tersebut belum termasuk biaya pengiriman.