Volkswagen Hadirkan Golf Black Edition yang Lebih Sporty untuk Pasar Inggris
Volkswagen Golf Black Edition. (Dok. Volkswagen UK)

Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan otomotif asal Jerman, Volkswagen, secara resmi merilis edisi khusus dari model hot hatch Golf Black Edition untuk pasar Inggris.

Golf Black Edition diposisikan di antara tipe R-Line dan GTE dengan pembaruan eksklusif dan menarik, mencakup fitur terbaru dan bodi berbeda dari varian lain.

Dilansir dari Motor1, Kamis, 7 September, VW Golf Black Edition dihadirkan dengan pelek alloy 18 inci berwarna hitam dengan lima palang, yang tentunya tidak tersedia di tipe Golf manapun.

Hal menarik lainnya VW Golf Black Edition memiliki kamera belakang dengan lampu depan LED Plus. Tidak hanya itu, kaca bagian belakang dihitamkan.

Golf Black Edition juga hadir dengan paket opsional, berupa kursi depan berpemanas dan setir kemudi kulit berpemanas, yang layak digunakan ketika memasuki musim dingin di Inggris.

Model hot hatch edisi khusus tersebut tersedia dalam tiga opsi mesin yang masing-masing mewakili performa dan efisiensi. Opsi yang pertama mesin bensin murni 1,5 liter TSI dengan transmisi enam percepatan manual berkekuatan 148 dk.

6

Lalu yang kedua, mesin bensin 1,5 liter TSI dengan teknologi mild-hybrid memiliki tenaga yang sama, yakni 148 dk. Namun, performa daya pacu tersebut dikawinkan dengan transmisi tujuh percepatan otomatis.

VW juga menyediakan mesin yang lebih besar dengan 2,0 liter TSI yang menghasilkan tenaga hingga 187 dk dengan sistem penggerak yang lebih canggih dari 4Motion AWD dengan girboks otomatis.

Dengan penawaran fitur dan performa menarik yang dihadirkan, VW Golf Black Edition dibanderol dengan harga 31.985 poundsterling atau sekitar Rp613,5 jutaan. Harga termasuk On The Road dan pajak.

Kemunculan VW Golf Black Edition setelah beberapa hari pabrikan meluncurkan Golf GTI edisi spesial, yakni GTI 380, yang merupakan model hot hatch ikonik memiliki transmisi manual.

Sementara, untuk Golf GTI 380 hanya akan tersedia di pasar Amerika Utara, sebagai perayaan warisan transmisi manual pada hot hatch VW beberapa tahun terakhir dari Golf GTI dan Golf R.

VW membekali Golf GTI edisi khusus tersebut dengan mesin 2,0 liter turbocharged EA888 4-silinder yang juga digunakan di lini Golf GTI 2024 lainnya. Mesin ini mampu menghasilkan impresif 241 dk dan torsi maksimum sebesar 370 Nm. Kontribusi besar untuk performa mengesankan ini datang dari transmisi manual enam percepatan.

VW telah mengonfirmasi bahwa hot hatch ini akan tersedia pada musim gugur tahun ini, dengan harga mulai dari 32.485 dolar AS atau sekitar Rp494,9 juta hingga 40.625 dolar AS atau setara dengan Rp618,9 juta.