Bagikan:

JAKARTA - Volkswagen, produsen otomotif terbesar dari Jerman, baru-baru ini memperkenalkan teknologi ChatGPT berbasis AI yang akan ditanamkan pada beberapa modelnya, termasuk Golf GTI terbaru, dalam acara CES 2024. Selain itu, perusahaan juga memberikan pembaruan mengenai model ini.

Dikutip dari Motor1, Selasa, 9 Januari, yang juga dilaporkan pertama oleh Automotive News, Volkswagen mengonfirmasi bahwa Golf terbaru tidak akan dilengkapi dengan sistem transmisi manual, dan tahun 2024 akan menjadi tahun terakhir bagi model R dengan perubahan signifikan.

Kai Grunitz, Technical Development Brand VW, menjelaskan bahwa alasan utama di balik penghilangan transmisi manual ini terkait dengan peraturan emisi. Meskipun peraturan Euro 7 telah mengalami kelonggaran, pengembangan model terbaru ini dimulai ketika regulasi tersebut masih lebih ketat.

"Ketika kami memulai pengembangan, tidak ada pemahaman yang jelas kapan aturan Euro 7 akan dirilis. Dalam keadaan tertentu, kami harus memulai pengembangan. Jika tidak, anda tidak akan selesai tepat waktu,” ungkap Grunitz.

Selain itu, VW telah meluncurkan Golf GTI 380 2024 sebagai model Golf GTI terakhir yang dilengkapi dengan transmisi manual. Angka "380" merujuk pada model kode internal generasi kedelapan, Mk8. Tradisi ini mengikuti jejak GTI sebelumnya, seperti GTI 337 yang merujuk pada generasi keempat pada tahun 2002.

Mobil ini menggunakan transmisi manual enam percepatan yang berkolaborasi dengan mesin 2.0 liter turbocharged EA888 4-silinder, menghasilkan tenaga hingga 241 dk dan torsi maksimum 370 Nm.

Volkswagen menyajikan model ini dengan harga mulai dari 32.485 dolar AS atau sekitar Rp494,9 juta hingga 40.625 dolar AS atau setara dengan Rp618,9 juta. Harga tersebut belum termasuk biaya pengiriman.