Bagikan:

JAKARTA - Volkswagen secara resmi memperlihatkan pertama kali varian hot hatch terbaru mereka yang akan meluncur musim panas ini, Golf R 2024, di ajang Zell am See ice race di Austria.

Model ini, merupakan mobil performa tertinggi dari jajaran Golf, tampil dengan livery khusus '50 years of Golf' sekaligus menjadi iterasi bensin terakhir sebelum merek performa ini beralih sepenuhnya ke mobil listrik pada tahun 2030.

Golf R terbaru beraksi di lintasan es bersama dengan saudara yang telah diungkap sebelumnya, yaitu GTI, GTE, dan varian eHybrid sebagai bagian dari perayaan untuk model Golf dari Volkswagen.

7

“Perlombaan di medan es adalah suatu kesenangan untuk dilihat. Pembalap lain akan memasang rantai salju dalam kondisi seperti ini, tapi bagi kami para pembalap, inilah saatnya kesenangan benar-benar dimulai,” ungkap Hans-Joachim Stuck, pemenang Le Mans dua kali, mantan pembalap Formula 1 dan mobil sport serta juara mobil touring Jerman, dalam rilis perusahaan 27 Januari.

Sementara, Reinhold Ivan, Kepala divisi Volkswagen R menyatakan, Volkswagen R adalah merek performa premium Volkswagen dan telah melambangkan kegagahan dan kinerja dinamis selama lebih dari 20 tahun.

“Di sini, di Ice Race, masa lalu bertemu masa depan. Kami tidak sabar menantikan Golf R, yang masih tersembunyi di sini, untuk merayakan debutnya pada musim panas ini,” ungkapnya, dilansir dari Autocar, 28 Januari.

Diketahui, tahun 2023 merupakan tahun rekor bagi Volkswagen R dengan terjual lebih dari 35.000 kendaraan. Dan totalnya sejak tahun 2002, model R telah terjual lebih dari 300.000 unit.

8

Meskipun yang terbaru ini tidak mengalami transformasi visual yang drastis seperti Golf dan GTI standar, Golf R baru ini akan membawa perubahan pada bagian interior. Ini termasuk sistem infotainmen baru, pengembalian tombol fisik, dan beragam material kabin berkualitas tinggi untuk mengatasi kritik terhadap lini-up Golf generasi kedelapan.

Penanda eksternal baru yang akan membedakan Golf R terbaru dari model R saat ini adalah emblem Volkswagen yang diberi pencahayaan khusus dan lampu depan LED matriks generasi baru. Tidak diragukan lagi, pilihan warna dan trim baru juga akan ditawarkan, termasuk pelek bermerek R yang dipakai oleh prototipe ini.

Mesin 2.0-liter empat silinder yang menjadi andalan Golf R akan tetap dipertahankan, tetapi diperkirakan akan mendapatkan peningkatan daya sedikit di atas 311 dk yang dimiliki oleh model saat ini. Sementara, detail harga Golf R 2024 akan diumumkan saat mendekati peluncuran.