Volkswagen Hadirkan ID.X Performance, Mobil EV Konsep dengan Performa Gahar
Volkswagen ID.X Performance. (Dok. Volkswagen Group)

Bagikan:

JAKARTA - Volkswagen (VW) semakin memperkokoh komitmennya dalam menghadirkan kendaraan elektrifikasi. Tidak hanya merilis model yang diperuntukkan untuk kendaraan sehari-hari, namun juga kendaraan yang mementingkan aspek performa tinggi.

Baru-baru ini, VW merilis model yang didedikasikan untuk performa, yakni ID.X Performance. Berbeda dari model VW kebanyakan, ID.X Performance memiliki karakteristik agresif yang tergambar pada bodi dan mesin.

ID.X Performance mengambil basis dari ID.7, yang merupakan model terbaru. Mobil ini dihadirkan secara konsep, namun ada beberapa hal menarik pada kendaraan ini.

Grill bawah depan diubah dengan desain yang agresif yang membantu aliran udara dalam mengoptimalkan performa mobil. ID.X Performance, dilansir dari Motor1, Jumat, 8 September, juga memiliki serat karbon dan trim merah khas GTI yang menghiasi keseluruhan bagian kendaraan.

4

VW ID.X Performance juga dibekali dengan satu set pelek sport 20 inci dengan diselimuti oleh ban balap dari Michelin. Kesan sporty ditambah dengan sayap belakang besar yang melindungi tutup bagasi serta diffuser bawah yang terbuat dari serat karbon.

Pabrikan asal Jerman tersebut juga menyetel mobil konsep ini dengan membuat ketinggiannya menjadi lebih rendah 60 mm dibandingkan dengan ID.7 standar, agar kendaraan mendapatkan daya cengkeram dan downforce maksimal ketika bermanuver.

Bila ID.7 versi standar memiliki daya 282 dk, VW meningkatkan performa ID.X Performance hampir dua kali lipat. Dibangun di atas platform MEB, VW ID.X ditanamkan motor listrik ganda berkekuatan 550 dk, di mana ini merupakan performa yang luar biasa untuk kendaraan listrik.

VW belum akan berniat memproduksinya dalam waktu dekat. Namun jika mobil ini diproduksi secara massal, maka akan menjadi komoditas menarik mengingat belum banyak kendaraan listrik yang memiliki performa tinggi.

VW membawa ID.X Performance ke acara internasional ID. Treffen yang berlokasi di Locarno, Swiss, dan akan dipajang hingga 9 September mendatang. Dalam acara tersebut, para pecinta kendaraan listrik akan dipertemukan di Lago Maggiore dengan berbagi minat yang sama.

Diketahui, pertemuan tersebut adalah inisiatif pelanggan ID. yang juga merupakan anggota dari ID. Drivers Club. Tahun 2023, akan mencetak rekor kehadiran baru dengan lebih dari 130 kendaraan.