Teruskan Kesuksesan RS E-tron GT, Audi Sport Siapkan 100 Persen Jajaran EV RS pada Akhir Dekade
Audi RS E-tron GT. (Dok. Audi AG)

Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan mobil asal Jerman, Audi, telah menegaskan komitmennya untuk menghadirkan kendaraan listrik di masa mendatang. Meskipun terkendala dengan pengembangan arsitektur Scalable Systems Platform (SSP) milik Volkswagen Group, Audi tetap dalam pengembangan produk elektrifikasi yang canggih.

Dalam upaya mencapai visi ini, Audi Sport, divisi high-performance Audi, juga ikut berperan aktif. Mereka bertekad untuk menyediakan 100 persen jajaran kendaraan listrik pada akhir dekade ini, termasuk model-model yang sebelumnya hanya hadir dalam mesin pembakaran internal (ICE).

CEO Volkswagen Group, Oliver Blume, mengungkapkan bahwa Audi akan lebih fokus pada brand RS dalam beberapa tahun mendatang, mengikuti kesuksesan besar dari model performa tingginya, RS E-tron GT.

Sebastian Grams, selaku Manajer Audi Sport, menambahkan bahwa model E-tron GT menjadi pilar penting dalam menghadirkan perubahan menyeluruh.

“Kami juga harus fokus pada kelompok sasaran baru, yang sedang tumbuh, dan oleh karena itu kami yakin bahwa elektrifikasi dan kinerja tinggi berjalan dengan sangat baik bersama-sama," ujar Grams dikutip dari Autocar, Senin, 24 Juli.

Di antara beberapa model yang akan hadir di bawah payung Audi Sport adalah A6 E-tron dan Q6 E-tron. Walaupun demikian, Audi belum secara detail membeberkan seluruh jajaran modelnya.

Sementara itu, Kepala Desainer Audi AG, Marc Lichte, memaparkan konsep Activesphere yang baru-baru ini diperkenalkan sebagai peningkatan dari A7, dan diharapkan akan hadir dalam versi produksi pada tahun 2027. Konsep ini juga akan diikuti oleh varian RS dengan kemampuan yang makin garang.

Lichte menjelaskan bahwa Audi berpegang pada keyakinan bahwa harus ada perbedaan yang jelas antara model normal dan model RS, khususnya dalam era kendaraan listrik. Hal ini akan menjadi bagian dari DNA Audi di dunia elektrifikasi

Untuk merealisasikan tujuan ambisius 100 persen elektrifikasi, Audi akan memanfaatkan sejumlah teknologi canggih yang sudah teruji pada model RS E-tron GT dengan performa luar biasa. Gelombang pertama untuk model tipe RS EV akan menggunakan arsitektur PPE yang telah dikembangkan oleh Audi bersama Porsche, menandakan kolaborasi yang kuat di antara merek-merek Volkswagen Group.