Bagikan:

JAKARTA - Baru-baru ini, Audi meluncurkan versi peningkatan pada model e-tron GT sebagai model tahun 2025. Selain itu, merek dari Jerman ini juga memperkenalkan trim RS Performance terbaru yang akan menemani varian dasar dan RS.

Chairman of the Board of Management Audi AG Gernot Dollner, mengatakan e-tron GT terbaru ini hadir dengan meningkatnya performa pengisian daya serta kemampuan penggerak semua roda yang lebih impresif, namun dengan jarak tempuh yang lebih baik.

“Sasis yang baru dikembangkan menawarkan rentang kenyamanan berkendara, kenyamanan berkendara, dan dinamika berkendara yang belum pernah ada sebelumnya,” kata Dollner, dikutip dari laman resmi merek, Selasa, 18 Juni.

Pabrikan berlogo empat cincin ini memberi sejumlah peningkatan pada model bergaya sport tersebut, terdiri dari rem baru dengan cakram baja pada model S dan RS dengan cakram berlapis tungsten carbide-coated sebagai standar. Selain itu, semua model dapat dipilih dengan cakram serat karbon-keramik dan kaliper depan 10 piston.

5

Perubahan lainnya pada model ini termasuk jok terbaru, setir kemudi yang berbeda, dan atap kaca panoramik sebagai perangkat opsional. Bagian dalamnya juga telah diperbarui dan terdapat campuran material baru, termasuk lapisan kayu, serat mikro Dinamica, dan kursi yang dapat diatur 18 arah sebagai opsional.

Peningkatan lainnya yang disediakan Audi mencakup suspensi udara sebagai standar dan suspensi aktif untuk opsional. Merek mengklaim, bahwa pengaturan baru ini menjanjikan mobil berada dalam kondisi horizontal saat mengerem maupun berakselerasi. Selain itu, mobil ini dilengkapi fitur ketinggian pengendaraan yang dapat diatur.

6

Dari segi performa, e-tron GT varian S memiliki sepasang motor listrik yang dapat memproduksi tenaga 670 dk. Sementara itu, tenaga pada varian RS juga ditingkatkan menjadi 845 dk dan RS Performance sebagai yang tertinggi memiliki daya ledak 912 dk.

Dengan demikian, varian S dapat berlari 0 ke 100 km/jam dalam 3,4 detik. Sedangkan, tipe RS dapat melaju 0 ke 100 km/jam dalam 2,8 detik dan RS Performance dalam 2,5 detik saja. Dengan demikian, mobil ini dapat melaju dengan kecepatan tertinggi 245 km/jam untuk tipe S dan 250 km/jam untuk RS.

Audi e-tron GT terbaru juga memiliki paket baterai besar 97 kWh, namun lebih ringan 9 kg dibandingkan 84 kWh yang dimiliki pada model lama. Dengan demikian, ini dapat berlari hingga jangkauan 609 km dalam sekali pengisian daya.

Sistem pengisian dayanya juga ditingkatkan hingga 320 kW, yang dapat mengisi daya dari 10 ke 80 persen dalam 18 menit. Bila diisi ulang selama 10 menit, mobil ini dapat menempuh jangkauan 280 km.

Merek dari Jerman ini telah membuka masa pemesanan untuk EV berperforma tinggi ini dengan harga mulai dari 126.000 euro (setara Rp2,2 miliar) hingga 160.500 euro (setara Rp2,8 miliar).