Bagikan:

JAKARTA - Nissan baru saja menghadirkan model Z Heritage Edition. Hal yang spesial pada model ini adalah pabrikan meluncurkannya dalam rangka memberi penghormatan pada Datsun 240Z (S30) atau generasi pertama dari seri ‘Z’ yang diluncurkan pada 1969.

Melansir dari laman resmi merek, Selasa, 18 Juni, Nissan Z Heritage Edition ini memiliki skema warna oranye unik diberi stiker hitam di bagian kap, atap, dan bodi samping, mengingatkan pada masa kejayaan S30 pada 55 tahun yang lalu.

5

Untuk menambah kesan eksklusif pada model ini, pabrikan memberinya stiker emblem ‘Z’ di bagian belakang jendela seperempat. Dihadirkan dengan pelek 19 inci, mobil ini memiliki sepatbor yang lebih lebar sehingga mengingatkan pada tampilan 240Z pada masa lampau

Diluar beberapa hal Istimewa ini, tidak ada hal yang berbeda pada Z Heritage Edition bila dibandingkan dengan tipe lainnya. Mulai dari bagian grill depan, bumper depan dan belakang, serta pencahayaan memiliki pola yang serupa.

5

Heritage Edition mengambil basis dari Z Performance, sehingga memiliki mesin 3,0 liter V6 twin-turbo yang mampu mengeluarkan tenaga hingga 400 dk. Selain itu, Nissan memberi pilihan transmisi enam percepatan manual atau sembilan percepatan otomatis.

Untuk mendukung performanya, pabrikan dari negeri Sakura ini menyematkan limited-slip differential ditemani dengan pengereman Nissan Performance berwarna kaliper merah serta fitur lain yang membantu pengemudi.

6

Menawarkan sejumlah hal menarik dan spesial, Nissan Z Heritage Edition dibanderol dengan harga 59.135 dolar AS atau setara dengan Rp969,4 jutaan.

Nissan memiliki sejarah panjang dalam menghadirkan model Z edisi khusus. Pada tahun 1980 melalui merek Datsun, mereka meluncurkan 280ZX 10th Anniversary dengan warna emas cerah dan hitam.

Selain itu, merek yang berbasis di Yokohama, Jepang ini juga pernah meluncurkan 300ZX Turbo edisi Peringatan 50 tahun Nissan pada 1984 lalu. Kemudian, pabrikan juga pernah meluncurkan 350Z dan 370Z edisi 35 tahun dan 40 tahun seri “Z”.