Bagikan:

JAKARTA - Prestasi gemilang diraih Nissan Z Nismo 2024 di pasar Australia dengan mencatatkan rekor penjualan yang menakjubkan. Dalam alokasi pertama yang terbatas hanya 100 unit, keseluruhan kendaraan berhasil terjual habis kurang dari satu jam.

Dari total 100 unit yang dihadirkan di Australia, sebanyak 50 unit di antaranya dibeli para pelanggan yang tidak jadi memesan varian Z reguler dan sedang menanti proses pengiriman. Sementara itu, 50 unit lainnya tersedia melalui platform daring Nissan Australia dan keseluruhan 50 unit tersebut laku terjual hanya dalam waktu 42 menit saja.

“Pencapaian Nissan Z sangat fantastis, dan ini menunjukkan publik Australia masih menyukai mobil berperforma tinggi,” kata Managing Editor Nissan Australia, Adam Paterson, dalam rilis perusahaan.

Meski memiliki saudara lebih sangar, Nissan GT-R, Z Nismo membawa identitasnya sendiri dengan gaya yang ikonik dan kekuatan yang mengagumkan.

3

Sumber daya utama Nissan Z terletak pada jantung pacu mesin V-6 yang dilengkapi dengan twin-turbocharger. Mesin ini, berbeda dari sang saudara GT-R yang memiliki mesin 3.8 liter dengan tenaga 565 dk, mengandalkan mesin 3.0 liter dari Infiniti Q60 Red Sport 400.

Mesin Z hanya mampu menghasilkan tenaga sebesar 420 dk dan torsi 520 Nm atau naik 20 dk dibanding Nissan Z standar. Tidak hanya itu, Z di pasar Australia hanya memberikan pilihan transmisi otomatis sembilan percepatan yang mengalirkan tenaga melalui roda belakang, dikutip dari Carscoops, 10 Agustus.

Performa mesin turbo ini memberikan daya dorong yang luar biasa pada roda belakang Z, memberikan sensasi berkendara yang menggairahkan. Pada uji coba dengan transmisi otomatis sembilan percepatan ini, Nissan Z berhasil berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 4.3 detik.

Sejumlah perubahan lain pada Z Nismo termasuk pemasangan roda Rays 19 inci, palang penstabil baru, kecepatan pegas yang lebih kaku, dan peredam yang lebih besar yang telah diubah. Mobil ini juga menggunakan ban yang lebih lebar dan memiliki penguat sasis tambahan.

Untuk pasar Australia, Nissan membanderol Nissan Z Nismo 2024 mulai 94.000 dolar Australia atau sekitar Rp934 juta.