Bagikan:

JAKARTA - Setelah diluncurkan beberapa waktu lalu, Nissan USA baru mengumumkan harga mobil berperforma tinggi Fairlay Z NISMO 2024, Senin, 25 September

Fairlay Z NISMO adalah model yang dikembangkan oleh divisi performa tingginya, NISMO. Mobil ini diposisikan di atas varian lainnya, sehingga harganya yang ditetapkan pabrikan cukup tinggi.

Pabrikan asal Jepang ini menetapkan harganya sebesar 64.990 dolar AS, atau sekitar Rp1 miliaran untuk satu unit, belum termasuk biaya pengiriman, dan opsi lainnya.

Tentu saja, harga ini tergolong tinggi untuk sebuah mobil coupe berperforma tinggi, bahkan jika dibandingkan dengan para pesaing. Sebagai perbandingan, BMW M2 dijual dengan harga 64.195 dolar AS atau sekitar Rp996,4 jutaan di pasar AS, harga tersebut sudah termasuk biaya pengiriman.

3

Sementara itu, varian dasar dari model ini, Nissan Z Sport, dibanderol dengan harga 42.210 dolar AS atau setara dengan Rp655,4 jutaan, sedangkan Z Performance, tipe satu tingkat di bawah Z NISMO, dijual seharga 52.210 dolar AS atau setara dengan Rp810,7 jutaan.

Diluncurkan pada awal bulan Agustus, Nissan Z NISMO memiliki tampilan yang lebih sporty dengan komponen-komponen yang ditingkatkan, seperti grill depan, bumper depan dan belakang, fender, spoiler belakang, dan lampu kabut LED belakang yang eksklusif dari NISMO.

Grill depan dengan pola honeycomb memberikan hambatan rendah terhadap aliran udara, yang mengoptimalkan efisiensi pendinginan mesin serta berperan penting dalam aerodinamika mobil.

Fairlady Z NISMO juga dilengkapi dengan pelek aluminium berukuran 19 inci yang dicat dengan warna hitam mengkilap, memberikan tampilan yang mirip dengan mobil balap. Desain pelek ini juga membantu menjaga keseimbangan mobil dan terbuat dari bahan ringan untuk menghindari penambahan bobot yang signifikan.

4

Di dalam kabin, mobil ini tetap mempertahankan tampilan khas seperti Fairlady Z standar. Namun, untuk pengalaman berkendara yang luar biasa, Nissan menyematkan jok sport dari Recaro yang dipadukan dengan bahan kulit Alcantara berkualitas tinggi.

Jantung pacu Fairlady Z NISMO juga mengalami peningkatan khusus. Mesin 3,0 liter V6 twin-turbocharged yang sama dengan versi standarnya telah ditingkatkan dayanya menjadi 420 dk dan torsi 520 Nm.

Kinerja transmisi juga ditingkatkan sehingga perpindahan gigi menjadi lebih responsif. NISMO juga memberikan sistem pengereman eksklusif untuk mengoptimalkan kinerja mobil ini.

Nissan juga memperkenalkan mode berkendara terbaru yang eksklusif pada varian spesial ini, yaitu SPORT+, yang dikembangkan oleh NISMO untuk memberikan pengalaman mengemudi yang unik dibandingkan dengan varian Z lainnya.