Bagikan:

JAKARTA - Penampilan Toyota GR Corolla di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 pada bulan Agustus lalu telah menambah pilihan menarik dalam daftar mobil hot hatch berperforma tinggi di pasar otomotif Indonesia.

Respons yang diterima dari pecinta otomotif Indonesia terhadap model ini cukup positif, dan pabrikan asal Jepang ini berencana untuk memproduksi GR Corolla secara berkelanjutan, meskipun dalam jumlah yang terbatas. Namun, di segmen yang sama, ada pesaing yang tidak kalah menarik.

Honda sebelumnya telah memasukkan Civic Type R ke pasar Indonesia pada bulan Maret. Mobil ini juga mendapat sambutan baik, sehingga permintaan untuk model ini cukup tinggi, bahkan membuat pabrikan menutup pemesanan di Indonesia.

Kedua model ini bersaing di pasar hot hatch berperforma tinggi di Indonesia. Apa saja perbandingan keduanya? Berikut ulasannya menurut penelusuran VOI, Rabu, 27 September.

Dimensi

Dalam hal dimensi kendaraan, Honda Civic Type R memiliki ukuran lebih besar dengan panjang 4.593 mm, lebar 1.890 mm, tinggi 1.407 mm, dan jarak sumbu roda 2.734 mm.

Sementara itu, Toyota GR Corolla memiliki ukuran yang lebih kompak dengan panjang 4.410 mm, lebar 1.850 mm, tinggi 1.450 mm, dan jarak sumbu roda 2.640 mm.

6
Toyota GR Corolla Morizo Edition. (Dok. Toyota Global)

Desain Eksterior

Dalam hal desain, Honda Civic Type R memiliki penampilan yang jelas berbeda dari varian standarnya. Ini terlihat dari tampilan sporty dengan berbagai body kit yang meningkatkan aerodinamika bagian depan dan air scoop pada kap mesin mobil.

Honda juga melengkapi model ini dengan lampu LED yang sedikit menyempit pada kedua ujung sisi depan kendaraan dengan grill yang panjang dan emblem logo pabrikan di tengahnya. Desainnya mengalir dari samping ke belakang, memberikan kesan elegan. Mobil ini juga memiliki sayap belakang yang agresif dengan tiga knalpot yang menghasilkan suara menggelegar.

Toyota GR Corolla, berdasarkan Corolla E210, hadir sebagai mobil lima pintu dengan desain yang sporty. Ini terlihat dari tampilan luar yang agresif berkat body kit yang menghiasi seluruh bodi kendaraan.

GR Corolla dilengkapi dengan panel atap berbahan serat karbon yang dibentuk dengan metode compound moulding, yang memungkinkan kebebasan dalam desain. Bagian belakangnya terlihat agresif dengan tiga knalpot, bemper yang lebih besar, dan sayap belakang yang menggantung di atas jendela.

Performa Mesin

Keduanya memiliki karakteristik performa yang berbeda, dengan Honda Civic Type R lebih kuat. Hot hatch ini dibekali dengan mesin 2.0 liter VTEC Turbo yang menghasilkan tenaga sebesar 314 hp dan torsi 420 Nm.

Di sisi lain, GR Corolla ditenagai oleh mesin bensin 3-silinder segaris 1.6 liter dengan turbocharger G16E-GTS yang sama dengan yang digunakan oleh GR Yaris. Mesin ini memproduksi tenaga hingga 300 hp dan torsi sebesar 360 Nm.

Harga

Kedua model ini telah masuk ke pasar otomotif Indonesia pada tahun ini. Mengenai harga, Honda Civic Type R dihargai sekitar Rp1,3 miliar di Jakarta.

Sementara itu, harga Toyota GR Corolla belum diumumkan dengan pasti. Namun, mobil ini dijadwalkan untuk dirilis di Indonesia pada awal tahun 2024. Untuk referensi, hot hatch ini dijual dengan harga sekitar 5,2 juta yen atau sekitar Rp547,2 juta di Jepang.

Kesimpulan

Keduanya memiliki karakteristik unik sebagai hot hatch yang ditawarkan di Indonesia. Dalam hal performa, Civic Type R memiliki keunggulan. Namun, GR Corolla juga menawarkan pengalaman berkendara yang memuaskan.