Bagikan:

JAKARTA - Toyota GR Yaris telah menjadi perbincangan hangat di kalangan pecinta otomotif, berkat penampilan dan performanya yang luar biasa permintaan untuk hatchback ini juga tinggi.

Awalnya, mobil ini diciptakan sebagai kendaraan homologasi untuk memenuhi persyaratan kompetisi FIA World Rally Championship (WRC) dan hanya diproduksi dalam jumlah terbatas, yakni sekitar 25.000 unit di seluruh dunia. Namun, ternyata permintaan akan mobilnya terus meningkat dan Toyota akhirnya mengonfirmasi bahwa produksi model ini telah dihentikan.

Melihat fenomena tersebut, kekinian pabrikan dikabarkan bergerak maju dengan mengembangkan versi terbaru dari model ini.

Menurut laporan dari majalah Best Car, Minggu, 24 September, pabrikan berbasis di Aichi, Jepang, sedang bekerja keras untuk mengembangkan versi performa lebih tinggi dari Toyota GR Yaris. Rencananya, model ini akan diluncurkan pada musim gugur tahun ini.

4

Model terbaru ini akan mengalami sejumlah perubahan, mulai dari segi eksterior sehingga tampilannya akan berbeda dari versi sebelumnya.

Toyota GR Yaris versi terbaru ini dilaporkan akan dibekali dengan mesin 1,6 liter turbocharged yang menghasilkan tenaga hingga 300 dk dan torsi sebesar 370 Nm, angka yang sama dengan yang terdapat pada GR Corolla.

Dengan demikian, model ini akan memiliki keunggulan tenaga sebesar 28 dk jika dibandingkan dengan varian tertinggi Yaris GRMN, yang berada di atasnya secara hierarki. Namun, peningkatan performa bukanlah satu-satunya perubahan yang akan diterapkan pada hot hatch ini.

Pabrikan asal Jepang ini juga merencanakan untuk memberikan GR Yaris versi terbaru ini dengan transmisi otomatis yang saat ini sedang dalam tahap pengembangan. Laporan mengindikasikan bahwa mobil ini akan dilengkapi dengan paddle shifter dan sistem penguncian terbaru.

7

Selain itu, sejumlah perubahan akan diterapkan pada suspensi, sistem rem, serta kekakuan keseluruhan mobil, sehingga meningkatkan performa dan kendali. Terdapat juga rencana untuk mengubah bagian belakang dengan penambahan sayap dan bumper belakang terbaru.

Semua perubahan ini tentu saja akan memengaruhi harga Toyota GR Yaris versi terbaru ini. Sebagai gambaran, model sebelumnya dijual dengan harga mulai dari 2,7 juta hingga 4,6 juta yen (setara dengan Rp367 juta sampai Rp633 juta) di Jepang. Namun, dengan peningkatan performa dan fitur-fitur baru yang ditawarkan, harga kemungkinan akan meningkat sesuai dengan peningkatan kualitas dan performa yang ditawarkan.