Bagikan:

JAKARTA - Toyota dikabarkan mengembangkan mesin 4 silinder turbo baru untuk salah satu mobil performa tinggi dari merek premium, Lexus. Disebutkan tenaganya dapat mencapai 592 dk atau setara dengan mobil high-performance pada umumnya.

Melansir dari Carscoops, Jumat, 27 September, mesin tersebut sedang diuji oleh pabrikan dengan model Lexus RC selama acara media untuk keluarga mesin baru Toyota berkapasitas 1.5 dan 2.0 liter. Hal menarik lainnya, Lexus RC coupe ini diuji jalan dengan dibekali transmisi manual enam percepatan. Meskipun seorang insinyur Lexus mengatakan RC akan menjadi sebuah proyek dalam bidang motorsport, tapi bisa saja mereka menggunakan mesin baru ini pada model produksi coupe mereka di masa depan.

Tak hanya mesin, hal yang menjadi sorotan ialah penggunaan transmisi manual enam percepatan yang mulai tergerus zaman di tengah pertumbuhan peminat girboks otomatis.

Selain versi 592 dk, Toyota juga sedang mengembangkan versi mesin 4 silinder turbo dengan tenaga 395 dk yang akan dipasangkan dengan transmisi otomatis 8 percepatan yang kemungkinan diambil langsung dari GR Corolla dan GR Yaris terbaru. Mesin ini diklaim memiliki potensi yang sangat besar dan diharapkan dapat menggantikan mesin 2JZ yang legendaris, dan berpotensi tersedia dengan tenaga 296 dk sehingga memberikan banyak pilihan powertrain untuk beberapa model mendatang.

Penggunaan mesin tenaga 395 dk juga dibuktikan dengan tangkapan kamera mata-mata yang memperlihatkan prototipe Lexus IS diselimuti stiker kamuflase. Meskipun wujudnya disamarkan, mobil ini terlihat asyik dilajukan di trek balap dengan raungan mesin 4-silinder yang khas.

Kemungkinan mesin bertenaga 395 dk ini akan disematkan dalam Toyota MR2 yang akan dijual dalam beberapa waktu mendatang dengan berbasis dari konsep FT-Se yang dipamerkan dalam Japan Mobility Show (JMS) 2023 lalu.

Selain MR2, pabrikan yang kini dikepalai oleh Akio Toyoda tersebut juga berupaya untuk mengembalikan model Celica yang akan bergaya coupe dua pintu bermesin depan dengan tenaga mencapai 395 dk dengan memakai sistem GR-Four yang sama seperti GR Corolla dan GR Yaris.

Keluarga mesin baru 1.5 dan 2.0 liter ini akan digunakan di seluruh jajaran model Toyota dan Lexus. Mesin-mesin ini juga akan dioptimalkan untuk penggunaan hybrid atau PHEV serta kompatibel dengan bahan bakar alternatif. Hal ini menunjukkan bahwa Toyota sedang mempersiapkan diri untuk masa depan industri otomotif yang semakin berorientasi pada kendaraan listrik.