Honda Civic Type R Rilis di Australia, Tampil Lebih Premium
Civic Type R 2023 . (Dok. Honda)

Bagikan:

JAKARTA - Salah satu mobil andalan terbaru Honda, Civic Type R 2023, resmi memasuki pasar otomotif Australia. Civic berperforma tinggi ini menawarkan beberapa hal menarik bagi pelanggan.

Dilansir dari Carscoops, Sabtu, 25 Maret, Civic terbaru tampil lebih premium dari edisi sebelumnya. Mesin Civic terbaru memiliki blok aluminium die-cast yang ringan dengan tutup bantalan utama yang diperkuat. Mesin juga memiliki piston baja tempa super ringan serta sistem mesin i-VTEC yang ditingkatkan.

Civic Type R 2023 diklaim sebagai jenis Type R paling bertenaga, tentunya performa yang ditawarkan tidak main-main. Dengan mesin 4-silinder turbocharged 2,0 liter, mobil tersebut dapat memproduksi daya sebesar 315 dk atau 235 kW dan torsi 420 Nm.

Mesin bertenaga ini digabungkan dengan transmisi manual enam percepatan yang dilengkapi fitur rev-matching otomatis dan mengirimkan daya melalui roda depan. Adanya helical-type limited-slip differential, dapat membantu menempatkan daya ke tanah secara efektif.

Pada bagian kaki-kaki, Civic Type R dipasang ban Sticky Michelin Pilot Sport 4S dengan ukuran 265/30 R19 yang kian membuat mobil terlihat ciamik.

Berpindah ke bagian interior, Civic Type R dilengkapi jok serta karpet berwarna merah, lalu dihiasi logo Honda berwarna merah pada bagian setir serta Type R pada bagian dasbor.

a

Tak lupa, fitur hiburan yang disematkan pada Civic Type R seperti layar infotainmen 9 inci dengan sistem Android Auto, Apple CarPlay tanpa kabel, Bluetooth, navigasi satelit, penghubung USB, hingga perekam data.

Sementara itu, fitur lainnya pelengkap Civic Type R yang membantu pengendara, seperti kluster instrumen digital 10,2 inci, sistem pengenalan rambu lalu lintas, pembatas kecepatan cerdas, monitor untuk pengemudi, kaca depan akustik, serta kaca spion yang dapat dilipas secara otomatis. 

Untuk pasar Australia, Honda menawarkan 4 pilihan warna untuk Civic Type R, yakni rally red, crystal black, championship white, dan sonic grey. Di sana, Civic Type R dijual 72.600 dolar Australia atau kisaran Rp732,4 jutaan OTR. Harga ini sedikit di atas Toyota GR Corolla yang dijual 68.000 dolar Australia atau sekitar Rp686,2 jutaan OTR.