Honda Civic Type R 2023 Ukir Rekor Terbaru di Sirkuit Legendaris
All-New Honda Civic Type R 2023. (Dok. Honda)

Bagikan:

JAKARTA - Mobil berperforma tinggi terbaru Honda, All-New Honda Civic Type R 2023 baru-baru ini mencatatkan rekor sebagai mobil penggerak roda depan yang mencatatkan waktu tercepat di sirkuit legendaris, Nurburgring Nordschleife di Jerman.

Honda Civic Type R 2023 secara resmi mencatatkan waktu tercepat 7 menit 44,881 detik dengan peningkatan kinerja pada Civic Type R yang lebih bertenaga daripada generasi sebelumnya.

Mobil ini dapat mencatatkan waktu tercepat juga berkat ban Michelin Pilot Sport Cup 2 Connect yang handal saat mobil melaju dengan cepat serta menstabilkan keseimbangan mobil.

Hideki Kakinuma, selaku Development Leader dari Civic Type R mengungkapkan, pihaknya mengupayakan mobil tersebut agar menjadi mobil penggerak roda depan terbaik dan mampu melebihi pencapaian Civic generasi sebelumnya.

"Di bawah konsep 'Ultimate SPORT 2.0,' kami mengembangkan All-New Civic Type R dengan gairah 'melampaui pencapaian masa lalu kami' dan mengupayakan mobil sport FWD (Front-Wheel Drive) terbaik dengan menyempurnakan nilai esensial dan daya tarik emosional yang unik untuk model Type R kami," terang Kakinuma dalam keterangan resmi perusahaan, 20 April.

2
Mesin Civic Type R terbaru. (Dok. Honda)

Kakinuma juga menambahkan, sejak diperkenalkannya Civic Type R terbaru pada September 2022, Honda menerima banyak respon positif dari berbagai pihak mengenai mobil tersebut. Namun, misi Honda dengan All-New Civic Type R tersebut sudah terpenuhi dengan menjajal mobil ini di sirkuit Nurburgring Nordschleife, di mana sebelumnya Honda juga mengirim Civic Type R generasi lalu untuk membuat rekor putaran tercepat.

"Enam tahun setelah rekor putaran dibuat oleh Civic Type R (FK8) generasi sebelumnya, kami mencapai dimensi baru ini sebagai hasil dari semua gairah yang kami curahkan dan semua kemajuan yang kami berikan untuk Type R. Akhirnya, keinginan kami untuk membagikan cerita ini kepada semua penggemar Type R di seluruh dunia menjadi kenyataan," tambah Kakinuma.

Civic Type R 2023 dibekali mesin VTEC Turbo 2,0 liter yang dapat menghembuskan tenaga 314 dk dan torsi 420 Nm. Karena menawarkan performa yang tinggi, harga yang dipatok cukup tinggi, yaitu Rp1,3 miliar OTR Jakarta.