Bakal Jadi <i>Safety Car</i> Ajang Balap Indycar, Honda Civic Type R <i>Upgrade</i> Pengereman
Honda Civic Type R. (dok Honda)

Bagikan:

JAKARTA - Honda Civic Type R generasi terbaru akan menjadi pace car atau safety car yang memandu mengamankan jalannya ajang balap Indycar. Mobil dengan kode bodi FL5 ini memang dikenal punya performa tinggi untuk sirkuit balap.

Dilansir dari Motorsport.com, Kamis, 2 Maret 2023, Civic Type R ini bakal menjadi safety car saat ajang kebut-kebutan yang populer di Amerika Utara itu untuk musim 2023.

Menunjang performanya, Honda baru saja memberikan modifikasi pada Civic Type R. Salah satunya sistem pengereman terbaru.

Pengereman tersebut berasal dari divisi motorsport Honda yang bermarkas di AS, HPD yang terdiri dari piringan rem cakram serta kaliper rem yang bahannya sendiri terbuat dari stainless-steel. Fungsi dari sistem pengereman yang baru tersebut ialah untuk menjaga kecepatan saat periode caution atau safety car.

Untuk bagian lainnya, tidak diberi ubahan yang signifikan. Mobil tersebut diberi cat warna merah dan putih. Lalu, mobil tersebut dipasang mobil tambahan untuk memberikan visibiltas yang jelas, terutama saat balapan berlangsung hujan.

Honda Civic Type R sendiri sudah diproduksi pada tahun 2022. Mobil tersebut memiliki spesifikasi berupa mesin 2,0 liter turbocharged 4-segaris yang dapat menghasilkan 6.500 RPM dan torsi 400 Nm. Untuk dayanya sendiri, mobil ini dapat menghasilkan tenaga sebesar 316 dk.

Mobil ini memang tidak secepat mobil Pace Car sebelumnya, Chevrolet Corvette Z06 dengan tenaga sebesar 490 dk. Namun, Civic Type R tidak akan kalah menjalankan tugasnya sebagai pemandu balap.