Toyota GR Corolla Bisa Diluncurkan di Indonesia Tahun 2024 meski Permintaan Globalnya Tinggi
Toyota GR Corolla. (Dok. Toyota Gazoo Racing)

Bagikan:

JAKARTA - Pasar hot hatch tanah air bakal memanas. Setelah Honda meluncurkan Civic Type R di Indonesia di segmen ini, Toyota sebagai rival membawa lini GR Corolla dalam gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 pada Agustus lalu.

Mobil ini diboyong ke Indonesia demi meneruskan kesuksesan GR Yaris yang unitnya tidak diproduksi lagi. Tidak seperti saudaranya, GR Corolla akan diproduksi secara berkelanjutan namun dalam jumlah terbatas. Beberapa bulan sejak melantai di tanah air, bagaimana kabar terbaru dari mobil Toyota berperforma tinggi ini?

Anton Jimmi Suwandi, sebagai Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), mengatakan bahwa model tersebut dipastikan baru mengisi pasar Indonesia tahun depan, namun ia belum bisa memastikan waktunya karena jumlah permintaan secara global tinggi.

“Kami akan luncurkan pada tahun depan dan lagi menunggu kepastian supply-nya. Karena secara global, permintaan mobil ini sangat tinggi. Ini masih belum dipastikan apakah pada kuartal kedua atau ketiga, kami juga masih menunggu konfirmasi dari produksinya,” kata Anton kepada VOI di Jakarta.

Anton juga menjelaskan, peminat GR Corolla di Indonesia diyakininya cukup tinggi dan beberapa pelanggan telah menanyakan kabar mengenai unit tersebut. Namun, pihaknya sampai saat ini belum akan membuka pemesanan secara resmi.

“Kami sudah menerima banyak pertanyaan dari sejumlah customer mengenai unitnya, namun kami belum bisa terima pemesanan secara resmi, jadi masih verbal,” pungkas Anton.

Toyota GR Corolla adalah hot hatch berperforma tinggi yang dikembangkan oleh divisi Gazoo Racing (GR) dengan basis dari Corolla E210. Mobil ini diperkenalkan secara global pada tahun 2022 dan awalnya diproduksi untuk memenuhi permintaan dari Amerika Utara yang tidak mendapatkan unit GR Yaris.

6

Namun, hatchback sporty ini ternyata banyak diminati di berbagai negara, termasuk Jepang sendiri, Malaysia, Australia, Selandia Baru, Brazil, Afrika Selatan, dan Indonesia. Bahkan, untuk pasar Thailand hanya tersedia dalam jumlah terbatas sembilan unit.

Mobil berperforma tinggi ini ditenagai oleh mesin bensin 3-silinder segaris 1,6 liter dengan turbocharged G16E-GTS yang sama dengan yang digunakan pada GR Yaris. Dengan mesin ini, GR Corolla mampu menghasilkan daya hingga 300 dk dan torsi sebesar 360 Nm.

Sebagai gambaran perihal harga, Toyota GR Corolla dibanderol dengan harga mulai dari 5,2 juta yen atau sekitar Rp547,2 jutaan untuk pasar Jepang.