Bagikan:

JAKARTA - Toyota-Astra Motor (TAM) telah memperkenalkan GR Corolla dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 pada bulan Agustus lalu. Mobil sport ini memikat perhatian pecinta otomotif Indonesia yang menawarkan kombinasi performa tinggi dan desain yang mengesankan.

TAM mengonfirmasi bahwa GR Corolla akan diproduksi dalam jumlah terbatas, tetapi model ini akan dirakit secara berkelanjutan. Berbeda dengan GR Yaris yang hanya diproduksi sekali dengan sistem undian pembelian, Toyota berencana untuk mempertahankan produksi GR Corolla.

“Ini berbeda dengan GR Yaris. Waktu itu, GR Yaris diproduksi sebanyak 25.000 unit sebagai keputusan sekali waktu. Setelahnya, Toyota tidak lagi memproduksinya. Namun, untuk GR Corolla, ini adalah kelanjutan, dan kami tidak ingin mengadakan undian," kata Anton Jimmi Suwandy, Direktur Marketing PT TAM, dilansir dari ANTARA, Jumat, 15 September.

Meskipun produksi akan berlanjut, TAM belum memberikan informasi lebih lanjut tentang jumlah unit yang akan tersedia untuk Indonesia pada tahun 2024 mendatang.

"Kami masih dalam tahap homologasi, dan kami sedang melakukan diskusi untuk menentukan jumlah pasokan. Namun, kami belum mengetahui jumlah pastinya, karena unitnya sangat terbatas di seluruh dunia," tambah Anton.

Toyota GR Corolla adalah hot hatch berperforma tinggi yang dikembangkan oleh divisi Gazoo Racing (GR) dengan basis dari Corolla E210. Mobil ini diperkenalkan secara global pada tahun 2022 dan awalnya diproduksi untuk memenuhi permintaan dari Amerika Utara yang tidak mendapatkan unit GR Yaris.

Namun, GR Corolla ternyata banyak diminati di berbagai negara, termasuk Jepang, Malaysia, Australia, Selandia Baru, Brazil, Afrika Selatan, dan Indonesia. Bahkan, untuk pasar Thailand, mobil ini hanya tersedia dalam jumlah terbatas, yaitu sembilan unit.

Mobil berperforma tinggi ini ditenagai oleh mesin bensin 3-silinder segaris 1,6 liter dengan turbocharged G16E-GTS yang sama dengan yang digunakan oleh GR Yaris. Dengan mesin ini, GR Corolla mampu menghasilkan daya hingga 300 dk dan torsi sebesar 360 Nm.