Mobil PHEV Sepi Peminat di Indonesia, TAM: Masih Terlalu Dini dan Butuh Waktu
Toyota RAV4 GR Sport. (Dok. Toyota Global)

Bagikan:

JAKARTA - Toyota dikenal sebagai pabrikan otomotif yang menghadirkan berbagai opsi kendaraan dengan teknologi canggih. Berbeda dari beberapa pabrikan yang mengandalkan EV sebagai model kendaraan ramah lingkungan, perusahaan asal Jepang tersebut menyediakan lebih dari satu opsi.

Di Indonesia, PT Toyota-Astra Motor (TAM), selaku agen pemegang merek (APM) dari Toyota di Indonesia, menghadirkan beberapa lini kendaraan ramah lingkungan, terdiri dari Battery Electric Vehicle (BEV) pada bZ4X, lalu Hybrid Electric Vehicle (HEV) pada Yaris Cross, Corolla Cross, dan model lainnya, serta Plug-In Hybrid (PHEV) pada RAV4 GR Sport.

RAV4 GR Sport PHEV adalah salah satu langkah dalam strategi multi-jalur yang diadopsi oleh Toyota untuk mencapai target netral karbon di masa depan. Namun, unitnya masih terbatas untuk wilayah Indonesia dan diperlukan waktu agar mobil ini tersedia dalam jumlah banyak.

Anton Jimmi Suwandi, selaku Marketing Director PT TAM, mengatakan bahwa pihaknya akan menyediakan lebih banyak unit SUV tersebut tergantung dari jumlah permintaannya tahun depan. Perlu diketahui, Indonesia telah mendapatkan 10 unit dari RAV4 GR Sport.

“Tahun ini memang unitnya masih terbatas, tahun depan kita lihat demand-nya dan berdiskusi lebih lanjut untuk suplainya,” kata Anton ketika dihubungi VOI, Senin, 18 Desember.

Anton juga menilai, terbatasnya jumlah ketersediaan RAV4 GR Sport di Indonesia karena produk tersebut baru diluncurkan di tanah air pada awal 2023 lalu dan masyarakat juga butuh waktu untuk mengetahui teknologi PHEV lebih lanjut.

“Masih terlalu dini menarik kesimpulan karena unit masih terbatas dan baru launch juga. Butuh waktu bagi konsumen mengenal lebih lanjut untuk teknologi PHEV,” ujar Anton.

Meskipun penjualan di kategori ini tidak masif seperti HEV ataupun BEV, pihak TAM akan memantau lebih lanjut perkembangan segmen PHEV dengan harapan mengikuti tren positif kendaraan ramah lingkungan di Indonesia.

“Saat ini HEV sudah lebih diterima. Ke depannya, PHEV akan kami monitor terus,” tambah Anton.

RAV4 GR Sport PHEV, yang diperkenalkan beberapa bulan yang lalu, dijual oleh PT TAM dengan harga Rp1,1 miliar, dan ia telah menjadi pesaing serius dalam pasar Plug-in Hybrid di Indonesia, bersaing dengan Volvo XC90 Recharge PHEV dan Mitsubishi Outlander PHEV.

Mobil ini dilengkapi dengan mesin bensin 2,5 liter yang dikombinasikan dengan sistem i-AWD dan motor listrik, menghasilkan daya total hingga 302 dk. Toyota RAV4 GR Sport PHEV juga dapat menempuh jarak hingga 60 km hanya dengan menggunakan baterai.