Bagikan:

JAKARTA - Dalam rangka perluas kendaraan elektrifikasinya di Indonesia, PT Toyota-Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan dua versi Prius, yakni Hybrid Electric Vehicle dan Plug-In Hybrid Electric Vehicle (PHEV) di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 lalu.

Namun, pabrikan hanya menjual versi HEV dengan harga Rp698 juta On The Road DKI Jakarta. Sementara, varian PHEV belum akan dijual dalam waktu dekat.

“Saya sangat berharap varian PHEV bisa diluncurkan karena sejauh ini yang kami terima dari dealer, banyak pelanggan yang menunggu tipe ini karena pasar tersebut juga cukup menarik,” kata Marketing Director PT TAM Anton Jimmi Suwandi beberapa waktu lalu di Tangerang.

Melihat animo yang besar dari pengunjung selama pameran atas model ini, berikut spesifikasi dari Prius PHEV yang segera dijual di Indonesia menurut pantauan VOI, di GIIAS 2024.

Desain Lebih Modern

Berbagi platform yang sama dengan tipe HEV, mobil ini menampilkan desain modern dengan desain lampu depan yang unik serta moncong seperti hiu, menyerupai model bZ4X.

Sementara itu, bagian belakangnya menampilkan elemen progresif dengan pencahayaan linier tiga dimensi yang menekankan desain futuristis ala perkotaan.

Interior Ciamik

Mobil ini memiliki interior yang lapang dengan kokpit yang menekankan nuansa kesenangan dalam berkendara. Kabinnya sendiri terdiri dari tiga zona, yakni surrounding, driver module, dan floating instrument panel yang menyerupai Toyota bZ4X.

Dari sisi pengemudi, terdapat layar LED TFT 7 inci yang tidak mengganggu visibilitas pengendara, sehingga dapat menjaga pandangan ketika mobil dijalankan. Kemudian, panel instrumen baru memprioritaskan kenyamanan kabin, tata letak rapi, dan fungsionalitas.

Mobil tersebut juga dilengkapi dengan panoramic view moonroof yang dapat dibuka secara penuh sehingga ciptakan ruang lega dan mewah.

Performa Hybrid yang Irit

7

Dibangun di atas arsitektur TNGA-C, Prius PHEV memiliki sistem Series Parallel Hybrid System terbaru yang diklaim memiliki kemampuan efisiensi BBM optimal, namun tanpa menghilangkan kesenangan dalam berkendara.

Sistem tersebut digabungkan dengan mesin M20A-FXS 2.000 cc 4-silinder, Prius PHEV mampu menghembuskan tenaga keseluruhan hingga 223 ps dan torsi 190 Nm dan dapat berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam dalam 6,7 detik.

Performa tersebut juga didukung oleh baterai lithium-ion dengan kapasitas lebih besar 50 persen namun dengan jumlah sel 30 persen lebih sedikit dari sebelumnya, membuatnya memiliki ukuran lebih kompak yang terpasang di bawah kursi belakang.

Menurut klaim Toyota, mobil tersebut dapat mencatat jarak tempuh antara 70-80 km dalam sekali pengisian daya.

Untuk meningkatkan unsur fun to drive, Prius generasi kelima ini dilengkapi dengan mode berkendara seperti Normal, Eco, dan Sport dengan fitur Drive Mode Select yang terletak di konsol tengah.

Miliki fitur dan desain lebih modern, tentu Prius PHEV patut ditunggu kehadirannya dan dijual secara massal di Indonesia. Terlebih lagi, Toyota mengklaim bahwa generasi saat ini memiliki unsur kesenangan berkendara sehingga banyak pihak yang tidak sabar untuk mengemudikannya.