Fitur "My Room Mode" Prius PHEV, Mudahkan Segala Aktivitas saat Mobil Isi Baterai
Toyota Prius Prime. (Dok. Toyota)

Bagikan:

JAKARTA - Toyota membeberkan spesifikasi dan fitur model yang akan disematkan pada Prius PHEV yang nantinya tersedia di Jepang, Eropa, dan Amerika Utara.

Prius Prime akan dilengkapi fitur "My Room Mode". Fitur tersebut juga telah hadir duluan pada mobil produksi Toyota lain, yaitu Toyota RAV4 Prime da Lexus RH450+.

Fitur ini memungkinkan pengemudi menikmati AC ataupun audio saat mobil tersebut sedang melakukan pengisian ulang baterai. Nah ini jelas berbeda dengan Prius Prime sebelumnya yang perlu mematikan semua sistem.

Pengemudi kini dapat menikmati Prius Prime sembari menonton film, beristirahat, bekerja, browsing internet dan lainnya tanpa perlu menyalakan mesin. Selain itu, sistem ini akan menunjukkan jika tingkat energi lebih cepat habis daripada mengisi daya, artinya pengguna dapat menyeimbangkan konsumsi daya dan menghindari kehabisan daya baterai.

Prius PHEV dilengkapi powertrain hybrid plug-in dengan menggabungkan mesin bensin empat silinder 2,0 liter yang menghasilkan 146 dk atau 109 kW dengan motor listrik tunggal pada bagian depan yang menghasilkan 118 kW, serta baterai lithium 13,6 kWh.

Total daya gabungan yang dikeluarkan iala 220 dk atau 164 kW, yang dapat berakselerasi dari 0-96 km/jam dalam jangka waktu 6,6 detik. Selain jauh lebih bertenaga, Prius Prime baru memiliki jangkauan EV dua kali lipat lebih jauh dari sebelumnya. Jarak emisi nol WLTC ialah 87 km untuk varian pelek 19 inci, atau 105 km untuk pelek 17 inci.

Untuk pasar Jepang, Prius Prime trim Z spesifikasi tertinggi dipatok dengan harga 4.600.000 Yen atau dirupiahkan menjadi Rp540 juta.