Bagikan:

TANGERANG - PT Toyota-Astra Motor (TAM) secara resmi meluncurkan Prius generasi terbaru untuk pasar Indonesia melalui Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024.

Dalam ajang tersebut, pabrikan membawa dua varian yakni Hybrid Electric Vehicle (HEV) yang mulai dijual di Indonesia dan Plug-In Hybrid (PHEV) untuk dipajang. Meskipun demikian, TAM berharap bisa menjual varian PHEV secepatnya.

Marketing Director PT TAM Anton Jimmi Suwandy, mengatakan bahwa ia menerima sejumlah permintaan dari pelanggan untuk menghadirkan Prius PHEV di Indonesia, meskipun saat ini telah ditawarkan dengan tipe HEV terlebih dahulu.

“Saya sangat berharap varian PHEV bisa diluncurkan karena sejauh ini yang kami terima dari dealer, banyak pelanggan yang menunggu tipe ini karena pasar tersebut juga cukup menarik,” kata Anton saat sesi tanya jawab dengan media di ICE BSD, Tangerang, Selasa, 23 Juli.

Lebih lanjut, Anton mengatakan bahwa pihaknya sedang mengusahakan hal tersebut dan mengharapkan varian PHEV dapat dibanderol harga yang tidak lebih mahal dibandingkan dengan HEV.

“Target saya pribadi soal harga Prius PHEV itu Rp100 juta di atas varian HEV. Saya rasa dengan mobil Rp800 jutaan cukup menarik ya,” tambah Anton.

Anton menilai varian atau penggerak PHEV menjadi opsi yang menarik dan potensial untuk pasar Indonesia dalam masa peralihan elektrifikasi. Terlebih lagi, pasar kendaraan listrik (EV) murni di tanah air belum semasif seperti yang diharapkan.

“Sekali lagi kami memberikan pilihan karena tidak semua pelanggan menginginkan BEV, jadi banyak juga yang ingin mencoba PHEV memiliki baterai lebih besar. Jadi, ini fleksibel bisa menggunakan bensin dan charging,” ucap Anton.

Toyota Prius generasi terbaru telah diluncurkan secara global pada akhir 2022 lalu dan dibangun di atas platform TNGA-C generasi kedua yang diklaim lebih ringan, kekakuan yang ditingkatkan, serta miliki pusat gravitasi yang rendah dari sebelumnya.

Pabrikan dari Jepang ini juga menekankan unsur desain lebih sporty pada Prius generasi kelima ini. Bagian luarnya menyerupai model bZ4X dengan wujud lebih kompak serta bagian belakang yang elegan yang menonjolkan unsur mobil perkotaan.

Selain gaya, Toyota juga tekankan keasyikan dalam berkendara pada mobil ini. Untuk varian HEV, Prius dibekali mesin 2ZR-FXE 1,8 liter yang bekerja sama dengan baterai lithium-ion lebih ringan serta Hybrid Transaxle terbaru yang lebih kompak, ringan, serta miliki kemampuan efisiensi BBM lebih baik.

Mobil ini secara resmi dijual di Indonesia dengan harga Rp698 juta On The Road DKI Jakarta untuk varian HEV.