Bagikan:

JAKARTA - Toyota Prius generasi kelima telah diluncurkan pada akhir 2022 lalu dengan membawa perubahan signifikan. Tidak hanya berubah secara teknologi, melainkan juga dari segi desain lebih sporty dan maskulin bila dibandingkan dengan sebelumnya.

Meskipun secara desain telah bertransformasi menjadi lebih baik, ini tidak membuat perusahaan aftermarket spesialis mobil Toyota TOM’S Racing berhenti berkreasi pada model ini. Mereka berhasil menciptakan bodykit yang membuat Prius memiliki tampilan seperti mobil balap.

Melansir dari Carscoops, Rabu, 19 Juni, merek ini akan membawa bumper depan terbaru dilengkapi dengan spoiler dan saluran samping yang membantu mengurangi hambatan udara. Dengan demikian, bodykit dari TOM’S tidak hanya merubah tampilan melainkan juga mempengaruhi performa berkendara pada model tersebut.

TOM’S Racing juga tawarkan side skirt terbaru, yang memiliki tampilan sporty dan menjanjikan dalam meningkatkan stabilitas dalam kecepatan tinggi. Selain itu, dihadirkan juga diffuser belakang berukuran kecil dalam meningkatkan downforce.

Ketiga komponen ini dapat dibeli satuan atau dalam satu paket. Bila dipaketkan, maka pembeli hanya perlu merogoh kocek mulai dari 299.000 yen (Rp31 jutaan) dan 344.000 yen (Rp35,7 jutaan) untuk melakukan pengecatan sekaligus.

3

Perusahaan yang didirikan pada 1974 lalu ini juga menyediakan opsi knalpot barel ganda yang harganya mencapai 265.000 yen (Rp27,5 jutaan). TOM’S mengatakan bahwa knalpotnya dapat memiliki suara yang menekankan aura lebih sporty dari standarnya.

Kini Toyota menawarkan Prius generasi terbaru dalam dua varian, yakni Hybrid Electric Vehicle (HEV) dan Plug-In Hybrid (PHEV). Mobil bertubuh kompak ini didirikan di atas platform Toyota New Generation Architecture (TNGA) generasi kedua.

Prius HEV menawarkan dua pilihan mesin, yakni 1.800 cc dan 2.000 cc. Untuk mesin 2,0 liter, mampu menghembuskan daya hingga 193 dk dan memiliki konsumsi bahan bakar hingga 28,6 km/liter.

Sedangkan, opsi mesin 1.800 cc memiliki kemampuan efisiensi bahan bakar lebih irit hingga 32,6 km/liter. Tidak hanya irit dalam bahan bakar, sistem hybrid dari Toyota dapat membuat kendaraan memiliki performa yang responsif.

Sedangkan untuk versi PHEV, Prius memiliki mesin 2.000 cc yang mampu menghembuskan tenaga hingga 220 dk yang mampu membuat mobil melaju cepat dari 0 ke 100 km/jam dalam waktu 6,7 detik.

Ditenagai mesin hybrid, Prius PHEV tentunya memiliki konsumsi bahan bakar yang irit. Dengan ban 19 inci, mobil ini mencatat efisiensi bahan bakar sebesar 26 km/liter. Sedangkan untuk ban 17 inci, jauh lebih irit dengan 30,1 km/liter.

Mobil tersebut dapat menempuh jarak tempuh sejauh 87 km (ban 19 inci) dan 105 km (ban 17 inci) dengan hanya mengandalkan baterai listrik tanpa menyedot bensin. Teknologi yang ditawarkan dari Prius PHEV ialah Regeneration Boost. Ini berguna saat berjalan di pegunungan dan dalam situasi di mana membutuhkan peralihan antara akselerasi dan pengereman.