Bagikan:

JAKARTA - Toyota Prius generasi kelima mendapat sambutan positif yang berbeda dari generasi sebelumnya, berkat desain dan performanya yang mengesankan. Namun, divisi performa tinggi Gazoo Racing (GR) belum puas dan berencana untuk meningkatkan lagi model ini.

Berita terbaru mengindikasikan bahwa Toyota berencana untuk meluncurkan versi Prius GRMN, yang akan memiliki performa lebih tinggi daripada model GR standar. Tidak hanya itu, mobil ini juga diharapkan akan dilengkapi dengan sistem Plug-In Hybrid (PHEV) yang lebih canggih untuk meningkatkan aerodinamikanya.

Dilansir dari majalah Best Car, Jumat, 6 Oktober, Prius ini akan dibekali dengan mesin yang lebih bertenaga daripada mesin PHEV 2,0 liter yang tersedia saat ini. Dengan demikian, subkompak sedan ini diharapkan akan memiliki tenaga lebih dari 220 dk.

Sebagai varian tertinggi, diharapkan mobil ini akan menjadi yang paling bertenaga dalam rangkaian Prius, dengan menghasilkan daya hingga mencapai 302 dk, sebagaimana yang dihasilkan oleh RAV4 Prime.

Selain meningkatkan performa mesin, divisi ini juga berencana untuk melakukan perubahan pada suspensi guna menciptakan pengendalian yang lebih impresif, didukung oleh sistem pengereman yang lebih kuat dari biasanya. Peningkatan kekakuan platform TNGA juga akan menjadi fokus utama, yang akan dicapai melalui pengelasan titik tambahan dan penggunaan perekat baru.

Pabrikan asal Jepang ini juga memiliki rencana untuk memperkenalkan simulasi gearbox enam percepatan manual yang awalnya dirancang untuk kendaraan listrik. Sistem berteknologi tinggi ini berpotensi meningkatkan sensasi dan suara dari powertrain elektrifikasi pada PHEV.

Meskipun belum ada konfirmasi lebih lanjut, Prius GRMN diperkirakan akan mengadopsi body kit atau mendapatkan inspirasi dari konsep GR Prius Concept yang diperkenalkan pada 24 Hours Le Mans akhir Mei lalu. Namun, pabrikan akan melakukan beberapa perubahan di dalamnya.

Para penggemar otomotif harus bersabar menunggu kedatangan model ini, karena Toyota belum memberikan detail lebih lanjut mengenai Prius bertenaga tertinggi ini. Publik harus menunggu setidaknya hingga tahun 2024 untuk menyambutnya.