Bagikan:

JAKARTA - Pergelaran otomotif tahunan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 merupakan salah satu pameran yang ditunggu-tunggu oleh sejumlah pihak. Tidak hanya ditunggu oleh pecinta otomotif, melainkan juga dari pihak agen tunggal pemegang (ATPM) di tanah air.

Toyota merupakan salah satu pabrikan yang ambil bagian dalam gelaran ini. Melalui PT Toyota-Astra Motor (TAM), merek dari Jepang ini akan membawa berbagai macam model yang akan mencuri perhatian publik.

Public Relations Manager PT TAM Arie Hermawan, mengatakan bahwa tahun ini akan menghadirkan berbagai produk, baik dari segi aftersales hingga banyak kendaraan di ajang GIIAS 2024.

“Pada tahun ini kami akan hadirkan seluruh produk baik dalam segi aftersales serta menghadirkan beberapa 30 kendaraan sejalan dengan visi kami ‘Mobility for All’,” kata Arie dalam pemaparannya saat presentasi kepada media di Senayan, Jakarta, Rabu, 12 Juni.

Arie menambahkan bahwa produk yang akan dihadirkan terdiri dari sejumlah model ramah lingkungan andalan Toyota, terdiri dari mobil berteknologi hybrid hingga hidrogen. Seperti sebelumnya, pabrikan juga akan memamerkan berbagai model dari divisi Gazoo Racing (GR).

“Dari jumlah tersebut, kami akan menampilkan seluruh varian elektrifikasi kami terdiri dari Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug-In Hybrid (PHEV), Battery Electric Vehicle (BEV), dan Fuel-Cell (FCEV). Selain itu, kami akan display sejumlah varian dari divisi Gazoo Racing (GR),” tambah Arie.

Tidak hanya itu, pabrikan ini akan meluncurkan tiga model terbaru, dengan dua di antaranya merupakan produk elektrifikasi dan mobil berperforma tinggi yang diklaim memiliki keasyikan dalam berkendara.

“Kami akan luncurkan tiga model, dua di antaranya ialah elektrifikasi yaitu sebuah model legendaris dan pionir dari kendaraan ramah lingkungan Toyota. Kemudian ada dari Gazoo Racing menawarkan elemen ‘fun to drive’ dan bertenaga dengan tenaga lebih dari 300 dk,” tambah Arie.

Kemungkinan produk elektrifikasi terbaru yang bakal pabrikan ini tawarkan ialah Prius PHEV dan telah dipamerkan dalam gelaran GIIAS 2023 lalu. Lebih lanjut, model tersebut menjadi yang pertama mengadopsi sistem hybrid dari Toyota.

Di pasar luar, Prius generasi terbaru ini menawarkan dua pilihan mesin, yakni 1.800 cc dan 2.000 cc. Untuk mesin 2,0 liter, mampu menghembuskan daya hingga 193 dk dan memiliki konsumsi bahan bakar hingga 28,6 km/liter.

Sedangkan, opsi mesin 1.800 cc memiliki kemampuan efisiensi bahan bakar lebih irit hingga 32,6 km/liter. Tidak hanya irit dalam bahan bakar, sistem hybrid dari Toyota dapat membuat kendaraan memiliki performa yang responsif.

3

Sementara itu, produk GR yang akan dihadirkan oleh ATPM ini kemungkinan ialah GR Yaris facelift. Sebelumnya, hot hatch ini telah melakoni debut globalnya pada awal tahun ini.

Mobil ini tidak hanya menawarkan performa yang bertenaga, melainkan juga beri kemudahan bagi para pengemudi karena mengadopsi sistem transmisi otomatis untuk pertama kalinya.

Toyota menyebut bahwa sistem transmisi otomatis akan sama menyenangkannya dengan perpindahan gigi secara manual. Sistem ini dikendalikan dengan perangkat lunak yang dioptimalkan sehingga perangkat lunak mampu mendeteksi cara pengemudi menginjak pedal gas dan rem.

GR Yaris facelift mempertahankan mesin sebelumnya, yakni 1,6 liter turbo. Namun, mesin tersebut dibuat lebih bertenaga dari 272 ps menjadi 304 ps dan torsinya dari 370 Nm ke 400 Nm.