Bagikan:

JAKARTA - GAZOO Racing (GR) menghadirkan line-up terbaru GR Pure di Indonesia dengan memajang New GR Yaris di pameran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 di Hall 5B ICE BSD City, Tangerang, Banten, pada 18-28 Juli 2024.

Selain telah menghadirkan 13 model GR di Indonesia, PT Toyota-Astra Motor (TAM) juga memperkuat tiga pilar utama GR, yakni Motorsport, Community, dan Product.

Pada ajang GIIAS 2024, Toyota mengumumkan pengembangan kompetisi e-Motorsport TOYOTA GAZOO Racing (TGR) GT Cup. Ada kategori baru yang memungkinkan pembalap untuk mengikuti kualifikasi di GR Zone seluruh Indonesia, sehingga memperluas peluang pembalap virtual junior untuk berkompetisi.

"PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengapresiasi penerimaan masyarakat terhadap brand GR yang sangat positif di Indonesia. Kami berusaha untuk terus menghadirkan ever-better cars, serta menyediakan ekosistem yang lengkap bagi pelanggan GR di Indonesia," kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy dalam keterangan resminya pada Rabu 24 Juli, dilansir Antara.

"Di momen GIIAS 2024, semangat Pushing the limits for Better kita tunjukkan lewat New GR Yaris yang mendapat upgrade signifikan," Anton menambahkan.

Toyota memperkuat ekosistem yang menunjang tiga pilar utama brand GR

PT TAM memperkuat tiga pilar utama brand GR yang meliputi Motorsport, Community, dan Product melalui berbagai kegiatan maupun produk yang dihadirkan.

"PT Toyota-Astra Motor (TAM) kembali memperkuat 3 pilar brand GR yakni Motorsport, Community, dan Product untuk menyebarkan Joy of GR for Everyone, baik melalui kegiatan balap dan komunitas maupun produk-produk yang dipasarkan," kata Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Hiroyuki Oide.

Pilar Motorsport

Motorsport merupakan core activity GR secara global termasuk di Indonesia. TOYOTA GAZOO Racing Indonesia (TGRI) aktif berkompetisi di dua ajang motorsport berbeda di tingkat regional, yaitu GT World Challenge Asia dan Asia Cross Country Rally.

Pembalap TGRI yang menggunakan GR Supra GT4 Evo untuk sementara sudah berhasil meraih lima podium GT World Challenge Asia Japan Cup 2024 di Jepang.

Di tingkat nasional, partisipasi TGRI yang mengandalkan varian GR Sport dan GR Pure berhasil meraih beberapa gelar juara nasional di berbagai ajang touring ISSOM, rally, sprint rally, dan slalom sejak mulai berkompetisi pada 2021, ditambah beberapa podium juara pada awal musim ini.

Pilar Community

Pilar Community menjadi salah satu kekuatan Toyota setelah 50 tahun lebih hadir di Indonesia. Sejak akhir tahun lalu, PT TAM telah meresmikan komunitas GR Enthusiast yang sekaligus akan menjadi perpanjangan tangan dalam menyebarkan Joy of GR kepada komunitas Toyota lainnya dan masyarakat luas.

Selain itu, Toyota telah menyediakan tempat berkumpul loyalis GR dan penggemar olahraga otomotif lewat one-stop-community hub GR Garage di Pantai Indah Kapuk 2. Terdapat pula 28 titik GR Zone yang tersebar di diler-diler resmi Toyota di seluruh Indonesia untuk memperluas jangkauan brand GR.

Toyota memberikan kesempatan lebih luas kepada masyarakat pecinta e-Motorsport untuk mengikuti kompetisi TOYOTA GAZOO Racing GT Cup.

PT TAM membuka kesempatan registrasi peserta pada 10-24 Juli 2024 dan Qualifying Time Trial pada 28 Juli 2024. Informasi lebih lengkap dapat diakses via microsite gazooracinggtcup.id.

Tahun ini, Toyota menghadirkan kategori baru yang memungkinkan pembalap melakukan kualifikasi TOYOTA GAZOO Racing GT Cup di GR Zone agar memperluas kesempatan bagi pembalap pemula e-Motorsport di Indonesia.

Beberapa pembalap tercepat bisa selanjutnya akan bertanding secara nasional di Jakarta melawan perwakilan daerah lainnya.

"Skema ini membuka kesempatan seluas-luasnya bagi para pembalap e-Motorsport khususnya peserta junior untuk tampil lebih kompetitif dan didukung penuh oleh Toyota," kata Hiroyuki Oide.

Pilar Product

Sejak brand GR secara resmi hadir di Indonesia pada tahun 2021, satu persatu produk GR melengkapi pilihan model GR Pure, GR Sport, dan GR Parts, mulai dari entry-level hingga premium car serta yang disematkan teknologi elektrifikasi.

Saat ini GAZOO Racing menjual secara total 13 model kendaraan di Indonesia. Tingkat penerimaannya sangat positif yang tercermin dari rasio penjualan varian GR Sport dan GR Parts yang melampaui 80 persen dibanding model non-GR.

New GR Yaris resmi hadir di Indonesia

Pada momen GIIAS 2024, PT TAM mulai memasarkan kembali New GR Yaris sebagai evolusi dari model sebelumnya yakni GR Yaris.

GR Yaris adalah mobil yang dibangun dengan prinsip reverse engineering untuk digunakan dalam ajang balap World Rally Championship (WRC). Tahun 2021 lalu, GR Yaris diperkenalkan secara terbatas, sebanyak 127 unit, yang langsung habis terjual.

Secara garis besar, terdapat 4 poin pengembangan pada GR Yaris terbaru. Pertama adalah 8-speed GAZOO Racing Direct AT mendampingi transmisi manual 6 percepatan yang tetap ada.

Performa transmisi pintar ini diuji coba oleh TGR World Rally Team serta peserta TGR Rally Challenge di berbagai lintasan balap.

TGR berhasil menciptakan transmisi otomatis yang sanggup menghasilkan perpindahan gigi sangat cepat serta memaksimalkan tenaga mesin di semua rentang putaran mesin.

Mesin 1.600 cc 3-silinder turbo yang digunakan oleh GR Yaris merupakan salah satu mesin yang disebut paling efisien dan bertenaga di dunia.

Tidak sampai di situ, dapur pacu ini juga berhasil dimaksimalkan kembali kinerjanya sehingga power-nya meningkat signifikan dari sebelumnya 261 PS menjadi sekarang menyentuh angka 305 PS, sementara torsinya naik dari 360 Nm ke 400 Nm.

Opsi Drive Mode baru serta optimasi sistem 4WD GR Four juga disematkan untuk memaksimalkan peningkatan pada power. Sekarang, pengendara bisa memilih 3 drive mode yang tersedia dengan karakteristik pengendalian yang berbeda; Sport, Normal, dan Eco.

Foto: Dok. Toyota Astra Motor (TAM)

Selain itu, ada juga optimasi sistem GR Four melalui 3 mode; Normal, Gravel (Sebelumnya Sport), dan Track, yang bisa menyesuaikan distribusi tenaga ke roda depan dan belakang sesuai karakteristik pengendara dan trek yang dilalui.

Panel kontrol dan monitor pada kokpit dimiringkan 15 derajat ke arah pengemudi untuk mempermudah pengoperasian. Postur berkendara juga telah diperbaiki dengan menurunkan posisi duduk pengemudi serendah 25 mm, yang memperluas jarak pandang dan visibilitas secara signifikan.

Dari sisi eksterior, sisi kanan dan kiri bawah bumper depan sekarang merupakan struktur terpisah untuk mempermudah perbaikan dan penggantian parts jika diperlukan serta perubahan desain bumper depan untuk air flow yang lebih baik dalam mendinginkan mesin dan ATF cooler.

Berkaca dari pengalaman Toyota GR Yaris Rally1 Hybrid di dunia rally, chassis GR Yaris diperkuat, yang memungkinkan pengemudi untuk memacu mobil ini hingga mencapai batasannya.

Body rigidity ditingkatkan melalui spot welding yang lebih banyak 13 persen, penambahan body adhesive sebanyak 24 persen, serta 3-point suspension mounting method yang berdampak pada meningkatnya handling stability dan ride comfort.

"Berawal dari kebutuhan homologasi World Rally Championship (WRC), aplikasi metode reverse engineering oleh GR justru menciptakan race car berbasis hatchback yang masih sangat kompeten untuk mobilitas harian. Di GIIAS 2024, kami mengumumkan penjualan New GR Yaris," ujar Jimmi.

Mobil New GR Yaris dijual seharga Rp1,15 miliar untuk versi transmisi manual dan Rp1,198 miliar untuk versi transmisi automatic (OTR DKI Jakarta).

Mobil ini hadir dengan tambahan satu warna baru, yaitu Precious Metal, menemani warna ikonik Platinum White Pearl dan Emotional Red.