Bagikan:

JAKARTA – PT Toyota Astra Motor (TAM) belum lama ini meluncurkan New Fortuner dengan berbagai penyegaran pada desain eksterior maupun interior, terutama pada varian Gazoo Racing (GR) yang tampil semakin sporty dan berani. Salah satu perubahan paling mencolok terlihat pada varian tertinggi, yaitu GR-S, yang memiliki tampilan garang dengan bumper depan yang gagah, menambah kesan tangguh pada SUV andalan ini.

Namun, meskipun ada banyak peningkatan, pertanyaan besar muncul di benak banyak orang: mengapa New Fortuner belum dilengkapi sunroof?

Menjawab pertanyaan tersebut, Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT TAM, menjelaskan bahwa sunroof bukanlah fitur yang dianggap mendesak untuk Fortuner, mengingat desain dan prioritas yang diinginkan konsumen. "Ini lebih kepada desain mobil dan prioritas konsumen. Ada tiga hal utama yang lebih diinginkan oleh konsumen kami," jelas Anton di sela-sela peluncuran.

Ia mengungkapkan, tiga hal yang menjadi prioritas konsumen adalah desain yang lebih segar, fitur keamanan canggih seperti Toyota Safety Sense (TSS), dan performa mesin yang kuat, terutama untuk varian 4x4. "Jadi bukan berarti kami tidak ingin menghadirkan sunroof, tapi tiga hal ini yang menjadi fokus utama konsumen," tambahnya.

6

Varian tertinggi, New Fortuner 2.8 GR Sport 4x4 with TSS, dirancang sebagai kendaraan yang mampu memberikan kenyamanan tinggi di jalanan perkotaan, namun tetap bisa diandalkan di medan off-road. Beberapa sentuhan baru khas Gazoo Racing terlihat pada model ini, mulai dari eksterior yang dilengkapi New LED with Sequential, New Grille with GR Front Spoiler, hingga New Black Roof yang memberikan kesan mewah.

Sisi samping menampilkan kaliper rem berwarna merah baru dan desain velg yang lebih agresif, sementara bagian belakang dilengkapi New Rear Bumper with GR Spoiler dan New Back Door Garnish yang semakin memperkuat tampilan sporty.

Dari segi performa, New Fortuner GR Sport tetap mempertahankan mesin diesel 1GD-FTV 2.755 cc VNT Intercooler yang menghasilkan tenaga 203 hp pada 3.000-4.000 rpm dan torsi besar 499 Nm pada 1.600-2.800 rpm. Ini memastikan SUV ini tetap bertenaga dan responsif, baik di jalanan biasa maupun medan berat.

New Fortuner dibanderol mulai dari Rp573,7 juta untuk tipe G 2.4 4x2 M/T, sementara varian tertinggi 2.8 GR-S 4x4 dengan semua fitur unggulannya dijual dengan harga Rp761,7 juta. Dengan berbagai pembaruan ini, Toyota Fortuner tetap menjadi pilihan SUV yang tangguh, meski tanpa sunroof.