Bagikan:

JAKARTA - Model Toyota Fortuner memiliki gaya yang gagah serta tingkat kepraktisan tinggi berkat dimensi bongsornya. Meskipun demikian, bagi TCD Asia SUV tersebut bisa dimodifikasi "naik kelas".

Mobil yang diberi nama Toyota Hyper-F Concept ini memiliki desain lebih tegas dan agresif bila dibandingkan dengan standarnya, bahkan jauh dari desain awalnya. SUV tersebut kini tampil di pameran Bangkok Auto Salon 2024 yang berlangsung pada 26-30 Juni.

7

Dillansir dari Carscoops, Jumat, 28 Juni, mobil ini memiliki visual yang ekstensif sehingga konsep tersebut terlihat siap untuk dijalankan. Bagian depannya dilengkapi grill besar, intake raksasa, splitter, dan kap berventilasi.

Bagian profil menampilkan ekstensi sepatbor yang lebar dengan pelek aftermarket diselimuti ban Dunlop. Kemudian, Fortuner ini ditambahkan bagian side skirt yang lebih dalam sebagai tempat untuk pipa knalpot.

5

Berpindah ke belakang, TCD Asia memberinya diffuser besar dengan ekstensi aerodinamis pada sepatbor serta spoiler belakang. Di dalam, tata letak Fortuner stok tiga baris tujuh tempat duduk telah diganti dengan empat kursi bucket individu.

Selain itu, perusahaan seperti Mitsui Chemicals dan APRK Corporation memasok beberapa material berteknologi tinggi untuk pengembangan konsep tersebut. Ini termasuk TAFNEX CF/PP, sejenis resin polipropilen yang diperkuat serat karbon, sementara komponen lainnya dicetak 3D langsung dari pelet plastik.

Sayangnya, modifikator tersebut tidak ungkapkan spesifikasi lebih lanjut mengenai Hyper-F Concept. Namun, mereka menggambarkan karyanya sebagai mobil konsep berperforma tinggi dan kemungkinan besar ada peningkatan daya pada Fortuner ini.

Ini juga diperkuat dengan tampilan agresif mobil tersebut didukung dengan suspensi lebih rendah serta pengereman berperforma tinggi.

Kini, Toyota Fortuner telah memasuki generasi kedua yang diperkenalkan pada 2015 lalu. Selama periode ini, SUV berbadan besar ini mengalami sejumlah perubahan atau facelift dalam beberapa tahun terakhir. Meskipun demikian, Fortuner belum memiliki versi performa tinggi.

Namun, pabrikan dari Jepang tersebut menghadirkan varian GR Sport yang menonjolkan sisi tampilan sporty dibandingkan peningkatan performa.

Toyota Fortuner GR Sport memiliki sejumlah elemen agresif khas Gazoo Racing (GR) seperti bemper terlihat sporty, peredam monotube, rem cakram dari GR, pelek 20 inci, pedal aluminium dari GR, serta tombol start.

Di Thailand, mobil ini mendapat pembaruan pada tahun lalu termasuk pada sektor jantung pacu. Dibekali mesin 1GD-FTV 2,8 liter 4-silinder segaris turbodiesel telah ditingkatkan menjadi 221 dk dan torsi 550 Nm.

Meskipun dari sektor jantung pacu ditingkatkan, namun Toyota masih menyematkan sistem transmisi otomatis enam percepatan yang digabungkan dengan penggerak empat roda serta paddle shift.

Varian GR Sport juga dijual di Indonesia dengan banderol harga Rp610,4 jutaan On The Road DKI Jakarta. Diperuntukkan untuk pasar Asia Tenggara dan Afrika, mobil ini dirakit secara lokal di pabrik milik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang terletak di Karawang, Jawa Barat.