Bagikan:

JAKARTA - Salah satu acara otomotif terbesar di dunia, Geneva International Motor Show (GIMS) 2023 untuk pertama kalinya digelar di Doha, Qatar. Pameran otomotif di dunia ini kembali digelar setelah tiga tahun absen akibat pandemi yang menghantam ekosistem global.

Pameran yang berumur 118 tahun ini menjadi panggung bagi 30 produsen otomotif yang ingin memamerkan model terbarunya ke hadapan publik. Salah satu pabrikan yang memanfaatkan acara ini ialah Audi yang memperkenalkan SQ8 terbaru setelah membawanya pada gelaran IAA Mobility Munich 2023.

Dilansir dari Autocar, Minggu, 8 Oktober, Audi SQ8 merupakan varian tertinggi dari SUV Q8. Pabrikan berlogo empat cincin tersebut mengubah beberapa tampilan mulai dari eksterior hingga performanya.

Perubahan pada bagian depan mencakup penggunaan grill singleframe yang kini memiliki elemen segi delapan untuk SQ8. Bagian saluran udara depan juga mendapatkan desain ulang untuk mengoptimalkan performa kendaraan dalam hal aerodinamika.

Seperti model-model Audi terbaru lainnya, SQ8 juga kini dilengkapi dengan lampu depan HD Matrix yang canggih, termasuk sinar laser High Beam yang akan secara otomatis aktif ketika kendaraan mencapai kecepatan 70 km/jam.

Audi juga memasang lampu teknologi OLED pada bagian belakang, mirip dengan model A8 dan Q5. Keunikan dari pencahayaan ini adalah ketika ada kendaraan di belakang SQ8 dalam jarak 2 meter, semua elemen OLED pada SUV ini akan secara otomatis aktif, memastikan kendaraan ini terlihat dengan jelas.

3
Foto: Autocar

Selain itu, untuk pertama kalinya aplikasi pihak ketiga juga kini tersedia. Pelanggan dapat mengunduh Spotify atau Amazon Music, dan Audi mengatakan akan ada pembaruan perangkat lunak reguler yang akan memperluas rentang aplikasi yang tersedia.

Tampilan kokpit virtual sekarang mencakup peringatan pergantian jalur, peringatan pengguna jalan lain, peringatan jarak, bantuan saat persimpangan, dan informasi lampu lalu lintas dalam kualitas full HD.

Audi SQ8 menggunakan mesin V8 twin-turbocharged 4,0 liter bensin, yang sama dengan yang digunakan pada Porsche Cayenne Turbo dan Lamborghini Urus. Dengan tenaga 507 PS dan torsi 770 Nm, Audi SQ8 mampu berakselerasi 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 4,1 detik namun kecepatan tertinggi juga dibatasi hanya 250 km/jam.

Rival dari BMW X7 tersebut dibanderol dengan harga mulai dari 119.500 euro atau sekitar Rp1,961 miliar dan akan dipasarkan di wilayah Eropa pada akhir bulan ini.

Adapun GIMS 2023 berlangsung dari 5 hingga 14 Oktober dan diikuti 30 produsen otomotif mulai dari merek-merek mobil mewah seperti Lamborghini dan McLaren hingga dua pabrikan terbesar dunia Toyota dan Volkswagen.