Bagikan:

JAKARTA - Gelaran otomotif internasional, Geneva International Motor Show (GIMS), merupakan salah satu pameran yang bergengsi dengan beberapa pabrikan kendaraan yang meluncurkan serta memamerkan model terbarunya.

Sudah menjadi tradisi bila gelaran tersebut akan dihelat di salah satu kota terbesar di Swiss, Jenewa, sesuai nama dari acara tersebut. Namun untuk tahun ini, acara tersebut dihadirkan sangat berbeda. Karena pameran tersebut akan digelar di ibu kota Qatar, Doha.

Dilansir dari CarBuzz, Rabu, 26 Juli, gelaran GIMS di Qatar seharusnya digelar pada pada akhir tahun 2021 dan 2022, berbarengan dengan pameran di Jenewa, swiss. Namun, dikarenakan pandemi Covid-19 membuat gelaran tersebut dibatalkan.

CEO dari GIMS, Sandro Mesquita, mengatakan bahwa pemilihan Qatar sebagai tuan rumah gelaran tersebut merupakan langkah yang tepat, walaupun pihaknya mengharapkan pameran bergengsi ini dapat kembali ke Jenewa.

"Kami berada di jalur yang tepat untuk menjadikan acara ini sebagai pameran motor papan atas yang baru untuk Timur Tengah, menjembatani kesenjangan antara industri otomotif yang menarik di Timur dan Barat," kata Mesquita.

Acara GIMS 2023 akan dimeriahkan oleh 30 pabrikan otomotif berbeda yang akan memperkenalkan 10 mobil terbaru yang akan diluncurkan pada gelaran tersebut.

Walaupun pihak penyelenggara belum memberikan nama-nama merek yang akan diikutkan dalam GIMS 2023, kemungkinan daftar tersebut akan diungkapkan melalui sosial media mereka dalam beberapa waktu ke depan.

GIMS edisi kali ini akan diselenggarakan antara 5 - 14 Oktober mendatang, di mana akan bersamaan dengan pergelaran balap F1 di Qatar pada 6 - 8 Oktober 2023.

Tahun depan merupakan perayaan ke-100 kalinya GIMS diadakan sebagai pameran otomotif internasional. Ditargetkan bahwa gelaran ini akan kembali ke Jenewa pada 26 Februari dan 3 Maret mendatang.

Pertama kali dihadirkan pada 1905, GIMS merupakan salah satu acara otomotif terbesar serta tertua di dunia. Selama bertahun-tahun, gelaran tersebut menjadi wadah bagi berbagai pabrikan dalam memperkenalkan produk terkenalnya, seperti Toyota GR Supra dan Lamborghini Huracan Evo.