Bagikan:

JAKARTA - Menjelang acara otomotif Geneva International Motor Show (GIMS) 2023, Lamborghini telah mengonfirmasi kehadirannya sebagai pabrikan pertama yang akan turut serta dalam ajang bergengsi ini.

Kabar gembira ini disampaikan langsung oleh CEO Lamborghini, Stephan Winkelmann, yang menyatakan bahwa produsen dengan logo "Banteng Mengamuk" tersebut akan berpartisipasi dalam pameran yang akan digelar di Qatar untuk pertama kalinya.

Kehadiran ini menandai kembalinya Lamborghini ke acara otomotif terbesar ini setelah absen sejak tahun 2019. Ketika itu, Lamborghini menyatakan bahwa interaksi yang lebih intim dan personal dapat lebih menarik bagi konsumen daripada acara besar.

Winkelmann menjelaskan bahwa GIMS 2023 di Qatar sangat penting untuk meningkatkan pangsa pasar Lamborghini di Timur Tengah.

"Ini adalah pertama kalinya acara ini diadakan di sini, jadi kita harus melihatnya. Namun, Timur Tengah adalah pasar yang sangat penting bagi kami," ujar Winkelmann, seperti yang dikutip dari Autocar pada Jumat, 28 Juli.

Meskipun demikian, Winkelmann menegaskan bahwa kehadiran Lamborghini pada pergelaran otomotif besar di masa mendatang tidak bisa dijamin, mengingat perkembangan zaman dan perubahan industri otomotif yang begitu cepat.

"Kami tidak akan membuat komitmen jangka panjang untuk acara seperti ini karena banyak hal yang dapat berubah dengan sangat cepat. Banyak acara yang telah sia-sia dan tidak memberikan hasil yang diharapkan. Jika kehadiran kami menurun dan tidak ada manfaat bagi kami, maka kami tidak akan hadir," kata Winkelmann.

Selain Lamborghini, pabrikan lain yang rencanaya akan berpartisipasi dalam GIMS di Qatar termasuk merek-merek Volkswagen lainnya, seperti Porsche, VW, dan Audi. Lebih menariknya lagi, Qatar Holding juga memegang saham sebesar 17 persen di Volkswagen Group.

GIMS 2023 akan diselenggarakan dengan semarak oleh 30 pabrikan otomotif berbeda yang akan memperkenalkan 10 mobil terbaru dalam acara ini.

GIMS edisi kali ini akan berlangsung mulai dari tanggal 5 hingga 14 Oktober mendatang, bertepatan dengan balapan F1 di Qatar yang akan digelar pada tanggal 6 hingga 8 Oktober 2023.

Tahun depan akan menjadi perayaan ulang tahun ke-100 GIMS sebagai pameran otomotif internasional. Rencananya, acara tersebut akan kembali ke Jenewa pada tanggal 26 Februari hingga 3 Maret mendatang.