Bagikan:

JAKARTA - BMW kini memiliki fasilitas pengujian terbesar teknologi berkendara otonom di dunia. Situs pengujian terbaru seluas 600 hektare ini terletak dekat kota Sokolov di Republik Ceko.

Pusat pengembangan mobilitas masa depan ini dikenal sebagai bagian Future Mobility Development Center BMW, dan bergabung dengan situs pengujian BMW yang sudah ada di Aschheim dekat Munich, Miramas di Prancis, dan Arjeplog di Swedia.

Lapangan uji baru ini berada di bekas wilayah pertambangan yang diubah oleh perusahaan dengan biaya investasi sebesar 300 juta euro atau lebih dari Rp5 triliun. Situs pengujian ini menyediakan kondisi yang sempurna untuk pengujian berkendara otomatis maupun simulasi.

Situs terbaru akan bergabung dengan situs pengujian BMW yang sudah ada di Aschheim dekat Munich, Miramas di Prancis, dan Arjeplog di Swedia.

6

"Melalui Pusat Pengembangan Mobilitas Masa Depan kami yang baru, kami telah menciptakan situs pengujian unik, dirancang secara khusus untuk pengujian berkendara dan parkir otomatis hingga Level 4,” kata Frank Weber, di ruang media BMW, 26 Juli.

Di lahan ini, dia melanjutkan, BMW bisa menguji semua kondisi mengemudi otonom dengan fleksibilitas dan efisiensi yang luar biasa mulai kota, pedesaan, jalan bebas hambatan, serta parkir otomatis. Hal istimewa lain, BMW dapat menjalankan modul pengujian satu demi satu tanpa berhenti. Ini membuat pengujian BMW lebih realistis, andal, dan berorientasi pelanggan.

Situs uji coba baru ini tidak hanya memungkinkan pengujian dan pengembangan lebih lanjut dari inovasi teknologi, tetapi juga menjadi contoh bagaimana standar perlindungan lingkungan dan keberlanjutan tertinggi telah diintegrasikan secara konsisten dalam konsep dan implementasinya.

Selama perencanaan dan pendirian proving ground, BMW bekerja sama dengan pemantauan konstruksi ekologis yang terspesialisasi. Jadinya, situs ini menggunakan listrik hijau dan dilengkapi dengan sistem pengelolaan air yang mengumpulkan air hujan dan menggunakannya untuk irigasi trek.

Diketahui, mengenai teknologi berkendara otonom, tahun lalu BMW mengumumkan akan bekerja sama dengan Here dalam pengembangan sistem berkendara tanpa tangan hingga Level 2+ yang akan memungkinkan bantuan berkendara di AS dan Kanada.

Sementara itu, saingannya Mercedes-Benz sudah mendapatkan persetujuan dari California dan Nevada untuk sistem ADAS Level 3, yang akan tersedia sebagai opsi pada S-Class 2024 dan EQS 2024.