Agen Real Estat Temukan Harta Karun Berupa Mobil Klasik Senilai Rp24 Miliar di Rumah Terlantar
Pada 17-19 Agustus ini, rumah lelang RM Sotheby's juga akan melelang Ferrari 250 GT/L Berlinetta dengan nilai tertinggi 1 juta dolar AS namun ini keluaran tahun 1964. (Dok. RM Sotheby's)

Bagikan:

JAKARTA - Dua agen real estat di Santa Cruz, California, AS, mengalami momen menegangkan sekaligus menarik saat menemukan Ferrari 250 GT Lusso tahun 1963 di sebuah rumah terlantar yang sedang mereka tangani. Mobil langka ini ternyata bernilai $1,6 juta atau sekitar Rp24 miliar.

Rumah terlantar ini dulunya dimiliki oleh David Downs, seorang ilmuwan yang pernah bekerja dengan Lockheed Martin. Rumah ini kemudian dijual oleh ahli warisnya karena memang butuh perbaikan besar.

Dana Bambace dan Kimberly Ward, adalah dua agen real estat yang bertanggung jawab atas rumah tersebut, mendapatkan tugas untuk mengurus rumah yang memang dalam kondisi memprihatinkan meski berlokasi dekat dengan pantai.

Temuan mobil klasik langka ini merupakan salah satu contoh nyata dari istilah "barn find," istilah yang mengacu pada penemuan mobil klasik berharga namun tersimpan di dalam lumbung terbengkalai yang jauh dari keramaian. Nah, ini berbeda, kali ini mobil langka Ferrari 250 GT Lusso ini ditemukan di dalam sebuah garasi rumah di kota besar, Santa Cruz.

Kejadian bermula saat keduanya berjalan-jalan di dalam rumah untuk menilai pekerjaan apa saja yang harus dilakukan untuk memperbaiki rumah, lalu mereka mengintip ke garasi yang memiliki tiga tempat parkir mobil. Di sana, mereka menemukan kejutan besar berupa mobil klasik yang jarang terlihat.

"Ada garasi dengan tiga bagian, dan awalnya saya hanya melihat ruang cuci dan beberapa ruang penyimpanan, namun di ruang selanjutnya, saya menemukan mobil tersebut dan itu membuat saya berdecak kagum," ujar Ward kepada Lookout Santa Cruz, dikutip dari Carscoops, 29 Juli.

Namun, temuan ini juga membawa stres bagi kedua agen real estat tersebut. Mereka tidak hanya bertanggung jawab atas rumah yang terlantar, tetapi juga atas mobil langka yang diduga nilainya hampir setara dengan rumah itu.

"Situasi ini membuat saya stres - memiliki tanggung jawab atas rumah juga sebuah mobil luar biasa," ungkap Ward.

Untuk memastikan nilai dan keaslian mobil, mereka memutuskan untuk menghubungi Andy Grundy, seorang broker mobil klasik dari Carmel. Dengan antusiasme, Grundy menyatakan bahwa ini adalah temuan yang luar biasa ketika melihat langsung mobil ini dan keasliannya.

2
Sebelumnya Ferrari 250 GT Lusso tahun 1963 juga pernah dilelang RM Sotheby pada tahun 2021 dengan nilai lelang tertinggi 1,8 juta dolar AS. (Dok. RM Sotheby)

Setelah melihatnya, Grundy menyebut mobil tersebut adalah salah satu dari hanya 350 Ferrari 250GT Lusso yang pernah dibuat, dan hanya ada sedikit yang masih bertahan hingga saat ini. Kondisinya juga masih cukup baik karena telah dicat ulang 15 tahun yang lalu dan mesinnya direkonstruksi pada awal tahun 2000-an.

Keluarga Downs, ahli waris dari pemilik rumah ini, akhirnya memutuskan untuk menjual Ferrari 250 GT Lusso ini. Alasan penjualannya, menurut Grundy, adalah karena keluarga tersebut bukanlah penggemar mobil klasik.