Apartemen di Portugal Terjual Seharga 3 Bitcoin (BTC), Adopsi Kripto Kian Tinggi?
Portugal izinkan transaksi kripto untuk real estate. (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Sebuah apartemen di Braga, Portugal, dikabarkan sudah terjual dengan bayaran berupa Bitcoin. Seorang membeli apartemen tersebut seharga 3 BTC (setara Rp1,5 miliar). Uniknya pembelian tersebut tanpa dikonversi ke euro terlebih dahulu. Pasalnya pemerintah mengizinkan transaksi real estate dengan menggunakan cryptocurrency.

Media setempat melaporkan bahwa transaksi tersebut merupakan yang pertama dalam sejarah Portugal. Pemilik baru membayar 3 bitcoin (BTC) untuk rumah tersebut, senilai sekitar 110.000 euro pada saat pembelian dilakukan. Sertifikat hak milik dipindahkan di distrik Póvoa de Varzim Porto pada Kamis lalu, 5 Mei, menurut laporan portal berita bisnis Idealista.

Dilansir dari Bitcoin.com News, pembelian dilakukan dengan bantuan agen real estate Zome, firma hukum Antas da Cunha Ecija, dan mitra dari Crypto Valley Swiss. Ketua kamar notaris Portugal juga berpartisipasi.

Membeli properti secara langsung dengan cryptocurrency sekarang dimungkinkan di Portugal berkat aturan anyar yang baru-baru ini diadopsi oleh Ordo Notaris, badan yang mengatur aktivitas notaris bersama dengan Kementerian Kehakiman.

Sebelumnya, koin harus dikonversi ke euro sebelum pembayaran ke penjual dilakukan. Sekarang, akuisisi real estat dapat dilakukan dengan kripto, di mana uang digital ditukar dengan hak atas properti.

Prosedur tertentu harus diikuti untuk melakukan penjualan tersebut, untuk mematuhi aturan anti pencucian uang. Sumber dana fiat — rekening bank — tempat aset digital dibeli, harus ditunjukkan dan alamat publik dompet kripto disajikan, sebelum koin ditransfer.

Berita tentang kesepakatan properti yang didanai kripto muncul setelah laporan baru-baru ini oleh Bank of Spain mengungkapkan bahwa pangsa Portugal dalam volume transaksi kripto di zona euro melebihi bobot produk domestik bruto (PDB) dalam ekonomi area mata uang tunggal.

Dengan biaya hidup yang relatif terjangkau dan aturan pajak yang ramah kripto, Portugal telah menjadi pusat inovasi teknologi, rumah bagi pengembara digital dan yang terbaru bagi para pengungsi dari sektor kripto Ukraina.

Tidak berhenti sampai di situ, keuntungan dari transaksi kripto di Portugal tidak akan dikenai pajak penghasilan. Ini menguntungkan para investork mata uang digital di negara tersebut.