Pemerintah Meksiko Resmi Pasang ATM Bitcoin di Gedung Senat Sebagai Simbol Kebebasan Finansial
ATM Bitcoin hadir di gedung senat di Meksiko. (Tangkapan layar Twitter @ManceraMiguelMX)

Bagikan:

JAKARTA – Gedung Senat di Meksiko telah dilengkapi dengan ATM Bitcoin pada 26 April . Dipasangnya ATM Bitcoin tidak lepas dari dukungan para politisi di sana salah satunya adalah Miguel Angel Mancera dari Partai Revolusi Demokratik.

CoinCu melaporkan bahwa Meksiko sudah memiliki 13 ATM kripto yang tersebar di sejumlah kota seperti di Mexico City, Tijuana, Guadalajara, Cancun, Culiacán, San Miguel de Cozumel, dan Aguascalientes. Kehadiran ATM Bitcoin di gedung senat menjadikannya yang ke-14 di negara ini.

Dipasangnya ATM Bitcoin di gedung senat diumumkan oleh senator Indira Kempis yang mengunggah foto ATM baru melalui akun Twitternya. Selain sebagai politisi, Kempis juga dikenal sebagai pendukung kripto. Dia menyatakan ATM Bitcoin tersebu sebagai simbol “kebebasan finansial, inklusi, dan pendidikan di Meksiko.”

“Kami menempatkan ATM Bitcoin pertama di Senat Meksiko. Ini untuk tujuan pendidikan menuju inklusi dan pendidikan keuangan masa depan,” ujar Kempis.

Tidak hanya Kempis, senator Miguel Angel Mancera juga memposting pemasangan ATM Bitcoin tersebut. Dia menyatakan bahwa volume transaksi bitcoin telah melampaui sistem pembayaran “konvensional” seperti PayPal, Visa, dan MasterCard, “yang memiliki kapitalisasi pasar yang belum pernah terjadi sebelumnya.”

Mancera dan Juan Manuel Fócil Pérez juga menjadi pengisi di forum Bitcoin bertajuk “Bitcoin: Mexico menghadapi masa depan”, di mana para peserta mendiskusikan analisis proposal untuk mengatur cryptocurrency di Meksiko sebelum pemasangan ATM bitcoin di tempat Senat.

Pemerintah Meksiko berencana mengambil manfaat dari hadirnya model keuangan digital baru berbasis blockhain ini. Karenanya, mereka berencana mengatur peraturan kripto dengan kondisi pasar saat ini, di mana para peminat kripto didominasi kalangan anak muda.