Kabar Gembira, ATM Bitcoin Bakal Segera Tersedia di El Salvador
El Salvador datangkan mesin ATM Bitcoin buatan Chainbytes (Tangkapan layar, Twitter @ericgrill)

Bagikan:

JAKARTA – El Salvador tidak main-main dalam mengadopsi Bitcoin sebagai mata uang resmi negara. Negara yang dipimpin Nayib Bukele itu dikabarkan segera mendatangkan ATM Bitcoin untuk warganya.

Melansir News.Bitcoin, Chainbytes selaku pihak penyedia ATM Bitcoin tengah membangun pusat produksi ATM Bitcoin di El Salvador. Upaya ini mengikuti pemerintah yang mensahkan RUU legalisasi Bitcoin. Chainbytes juga berencana menjadikan El Salvador sebagai “pusat pembuatan ATM Bitcoin untuk seluruh Amerika.”  

ATM Bitcoin tersebut diproduksi oleh Chainbytes LLC yang berbasis di Amerika Serikat. Mereka mengumumkan pada Selasa 22 Juni lalu untuk beroperasi di negara pertama yang mengadopsi Bitcoin sebagai alat transaksi sah, El Salvador.

Kabarnya, perusahaan bakal beroperasi di seluruh negara Amerika Latin (LATAM), Amerika Serikat, dan Kanada. Selain itu Chainbytes juga sudah melayani operator ATM Bitcoin. Sejak 2012 lalu, Chainbytes telah menerima perusahaan lain yang ingin masuk ke dalam bisnis ATM Bitcoin.  

CEO Chainbytes, Eric Grill menuliskan tweet di akun Twitternya, mengatakan bahwa pihaknya merasa senang menghadirkan ATM Bitcoin buatan Chainbytes ke El Salvador.

Selain itu, Grill juga menyanjung Presiden Bukele karena bisa “menunjukan kepemimpinan kepada dunia dalam menerapkan Bitcoin sebagai mata uang resmi.”

“Kami percaya dengan melakukan hal tersebut negara telah memposisikan dirinya untuk menjadi lebih dari sekadar pusat teknologi,” kata Grill.

Dia juga menambahkan bahwa dirinya ingin menjadi pihak yang membantu keberhasilan El Salvador dalam mengadopsi Bitcoin.  

“Inisiatif kami akan memberikan pelatihan dan pekerjaan terampil yang dibutuhkan untuk semua orang Salvador, yang pada gilirannya akan berkontribusi pada ekonomi dan bangsa.”

Perusahaan tersebut juga berencana menyediakan layanan bagi warga El Salvador yang tertarik mengoperasikan ATM Bitcoin untuk membantu pemerintah dalam menerapkan infrastruktur Bitcoin.  

“Chainbytes akan memberikan layanan kepada orang Salvador yang ingin mengoperasikan ATM bitcoin di negara tersebut dan bekerja sama dengan pemerintah, badan hukum, dan kemitraan mereka untuk memastikan pusat manufaktur berhasil dan membawa kemakmuran bagi negara.”

Pihak Chainbytes juga telah mempertimbangkan dengan matang terkait keputusan perusahaan untuk mendirikan pusat produksi ATM Bitcoin di El Salvador. Pusat produksi tersebut dikabarkan akan mengekspor ATM Bitcoin ke seluruh negara LATAM, AS, dan Kanada. Informasi tersebut diungkapkan ole COO Chainbytes, Tracy Jefferson dalam sebuah pernyataan.