Bagikan:

JAKARTA - Athena Bitcoin, perusahaan yang mengoperasikan jaringan ATM kripto milik negara di El Salvador, berencana untuk mengintegrasikan Jaringan Lightning ke dalam 100 mesin ini dalam beberapa bulan mendatang.

Menurut rilis pers dari 7 November, Athena Bitcoin Global dan Genesis Coin telah memungkinkan penggunaan teknologi Jaringan Lightning di seluruh infrastruktur teknologi mereka. Kini mereka akan mulai mengimplementasikannya, pertama di El Salvador, dan kemudian di seluruh Amerika Latin.

Jaringan Lightning adalah protokol pembayaran lapisan kedua yang memungkinkan penarikan lebih cepat dan meminimalkan biaya transaksi. Ini juga menghindari pencatatan data transaksi dalam akuntansi jaringan utama. Menurut Coin ATM Radar, hanya 3,7% dari semua ATM kripto di dunia yang mendukung teknologi ini.

Athena bermaksud beralih ke dukungan Lightning pada 100 mesin ATM Chivo milik negara yang dioperasikannya di El Salvador pada Desember 2023. Kios yang tersedia, termasuk yang bermerk Athena, akan mengikuti pada kuartal pertama tahun 2024. Saat ini ada 215 mesin teller kripto di El Salvador.

Presiden El Salvador, Nayib Bukele, yang menjadikan Bitcoin mata uang sah pada tahun 2021, baru-baru ini mengumumkan pencalonannya sebagai presiden dalam pemilihan tahun 2024. "Lima tahun lagi, lima tahun lagi, dan tidak satu langkah mundur," kata Bukele dalam pidato di depan ribuan warga El Salvador.

Pada April 2023, Bukele mengambil langkah berani dengan menghapus semua pajak atas inovasi teknologi, yang bisa menarik lebih banyak pengusaha dan modal asing untuk berinvestasi di negara itu.

Beberapa ahli, seperti Gabor Gurbacs, penasihat strategi di perusahaan pengelolaan investasi VanEck, percaya bahwa El Salvador bisa mengikuti jejak Singapura dan menjadi pusat keuangan di Amerika Selatan.