Google Chrome Tambahkan Tampilan Penggunaan Memori di Tab
Google tambahkan Penggunaan Memori di tampilan tab (foto: Rana/VOI)

Bagikan:

 

JAKARTA – Google terus mengoptimalkan tampilan Chrome di seluruh platform desktop, mulai dari Windows hingga ChromeOS. Kali ini, Google menambahkan peningkatan di bagian tab.

Dari laporan 9to5google, pengguna bisa melihat jumlah penggunaan memori saat mengarahkan kursor ke tab yang diinginkan. Tampilan penggunaan memori ini pun mengacu pada masing-masing situs web yang sedang dibuka.

Melalui fitur sederhana ini, pengguna bisa mengetahui situs yang paling banyak membebani sistem tanpa perlu membuka menu tambahan melalui titik tiga di sebelah profil, lalu membuka Alat Lainnya dan Pengelola Tugas.

Penggunaan Memori dibuat berdasarkan mode Memori dan Penghemat Energi Chrome sehingga pengguna bisa membatasi aktivitas layar mereka. Sayangnya, tampilan ini bisa cepat menghilang dari layar saat kursor tergeser.

Tampilan ini bisa diaktifkan atau dinonaktifkan melalui Pengaturan dan bagian Kinerja. Google juga menambahkan kemampuan Selalu menjaga situs tertentu aktif di bagian Memory Saver.

Penggunaan Memori telah diluncurkan dalam beberapa minggu terakhir di seluruh desktop seperti Mac, Windows, Linux, dan ChromeOS. Peluncuran ini dilakukan secara bertahap.

Jika pembaruan ini belum muncul, Anda perlu mengaktifkannya melalui pengaturan Chrome Flags. Anda cukup mencari Show memory usage in hovercards kemudian pilih Aktifkan. Tampilan ini akan mulai beroperasi setelah Chrome dibuka ulang.