Google Luncurkan Fitur Penghemat Memori dan Penghemat Energi di <i>Browser</i> Chrome
Google meluncurkan dua pengaturan kinerja baru di browser Chrome. (foto: twitter @googlechrome)

Bagikan:

JAKARTA - Google pada Rabu, 7 Desember mengumumkan dua pengaturan kinerja baru di browser Chrome-nya, yakni fitur Penghemat Memori dan Penghemat Energi.

Peramban modern saat ini disebut memakan banyak memori, dan meskipun itu bukan masalah jika Anda memiliki RAM 32GB, Chrome yang menggunakan beberapa gigabyte memori Anda dapat dengan cepat memperlambat mesin Anda jika Anda menggunakan mesin dengan spesifikasi lebih rendah.

Mode Penghemat Memori berjanji untuk mengurangi penggunaan memori Chrome hingga 30% dengan mengalihkan tab yang tidak aktif ke mode tidur. Tab hanya akan dimuat ulang saat Anda membutuhkannya lagi.

Sementara itu Mode Penghemat Energi,  membatasi aktivitas latar belakang dan efek visual untuk situs dengan animasi dan video saat level baterai laptop Anda turun di bawah 20%.

Dilporkan TechCrunch fitur-fitur tersebut sekarang diluncurkan bersama rilis Chrome 108 dan akan tersedia secara global untuk Windows, macOS, dan ChromeOS dalam beberapa pekan mendatang. Anda dapat mengecualikan setiap situs agar tidak tidur atau, tentu saja, mematikan fitur ini sepenuhnya.

Pengumuman Google muncul sehari setelah Microsoft mengumumkan bahwa Browser Edge - nya menidurkan 1,38 miliar tab pada bulan September saja. Menurut Microsoft, menidurkan tab di Edge biasanya menghemat 83% dari memori yang biasanya ditempati.

Microsoft meluncurkan versinya dari fitur-fitur ini, yang dapat secara otomatis mematikan tab setelah lima menit tidak aktif (dan dapat menurunkannya hingga 30 detik tidak aktif), beberapa tahun yang lalu dan kemudian sekali lagi memperbaikinya dengan rilis Edge 100 awal tahun ini.

Edge juga dilengkapi dengan mode permainan, yang secara otomatis dapat mengurangi penggunaan CPU ketika mendeteksi bahwa Anda sedang bermain game di PC Anda.