6 Alasan Mozilla FireFox Lebih Aman dan Tepat dari Google Chrome
Peramban FireFox, lebih menjaga privasi para penggunanya. (foto: ilustrasi firefox)

Bagikan:

JAKARTA - Saat ini pasar browser desktop sebagian besar masih dikuasai oleh Google Chrome, tetapi tidak berarti Chrome menjadi browser yang tepat.

Masih banyak pilihan browser terbaik yang bisa digunakan, salah satunya Mozilla Firefox yang tetap menjadi salah satu pesaing paling populer melawan Chrome. Adapula Microsoft Edge pindah ke basis kode Chromium pada tahun 2020 dan telah mendapatkan banyak popularitas sejak saat itu.

Apakah sudah waktunya untuk beralih? Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda harus beralih dari Google Chrome ke Mozilla Firefox seperti yang dikutip dari MakeUsOf, Selasa 27 Juli.

1. Mozilla Firefox Menggunakan Memori Lebih Sedikit Dibandingkan Chrome

Apakah Anda gemar membiarkan banyak tab terbuka? Untungnya, dengan Firefox, Anda tidak perlu khawatir komputer akan melambat karena Anda memiliki terlalu banyak tab yang terbuka. Google Chrome menggunakan sejumlah besar RAM komputer yang dapat menyebabkan penurunan kinerja PC Anda.

Chrome membuat proses ekstra untuk setiap halaman yang Anda buka, setiap halaman memiliki memori dan salinannya sendiri. Sebaliknya, Firefox menggunakan empat proses konten pada waktu tertentu. Artinya jika Anda memiliki 20 tab terbuka di Chrome, Chrome akan menggunakan 20 proses dan Firefox hanya akan menggunakan empat. Meskipun proses Chrome dimaksudkan untuk memaksimalkan kinerja, proses ini membutuhkan memori dan masa pakai baterai yang besar.

Di sisi lain, Firefox menggunakan empat tab pertama bersama dengan 4 proses tersebut dan tab tambahan apa pun dibagikan dalam proses tersebut, alih-alih setiap tab membuatnya sendiri. Jika PC Anda tidak dapat mengikuti penggunaan memori Google Chrome, Firefox adalah opsi penjelajahan yang lebih baik untuk Anda.

2. Firefox Merangkul Pola Pikir Sumber Terbuka

Mozilla Firefox adalah sumber terbuka yang memastikan bahwa itu kompatibel dengan browser lain dan peduli dengan web terbuka. Firefox telah membuat kode yang menjalankan browser terbuka bagi siapa saja untuk menyesuaikan dan menggunakan selama mematuhi kebijakan lisensinya. Pengembang dan siapa pun yang memahami kode dapat bereksperimen dengan kode Firefox secara gratis.

Di sisi lain, Firefox memiliki peta jalan publik lengkap yang dipengaruhi oleh kontributor dan anggota komunitas. Kerja sama komunitas semacam itulah yang seharusnya menjadi tujuan pengembangan sumber terbuka yang sebenarnya.

3. Firefox Peduli Tentang Privasi

Jika ingin menggunakan browser di mana Anda memiliki kontrol lebih atas bagaimana data Anda digunakan, Firefox adalah pilihan yang bagus. Dengan pembaruan rutinnya untuk meningkatkan privasi online Anda, Anda dapat yakin bahwa privasi adalah prioritas. Firefox melakukan yang terbaik untuk memastikan bahwa Anda memiliki pengalaman pengguna terbaik.

Firefox memiliki fitur pemblokiran pelacak bawaan untuk memblokir pelacak dan skrip seperti pelacak media sosial, cookie pelacakan lintas situs, sidik jari, dan penambang kripto. Browser juga memungkinkan Anda untuk menambahkan tweak untuk memaksimalkan privasi online Anda.

4. Firefox Memungkinkan Lebih Banyak Kustomisasi

Tingkat penyesuaian adalah perbedaan besar lainnya antara Firefox dan Chrome. Setiap browser Chrome terlihat hampir identik, bahkan di seluruh sistem operasi dan perangkat. Selain menyembunyikan bilah alat tertentu atau menghapus beberapa ikon di sebelah bilah alamat, yang paling dapat Anda lakukan adalah menguliti bilah judul dan tab.

Anda juga dapat menggunakan Firefox Color. Firefox Color adalah fitur tambahan yang memungkinkan Anda membuat tema yang indah untuk browser Firefox Anda sendiri.

5. Firefox Menawarkan Ekstensi Unik

Chrome memiliki koleksi ekstensi yang jauh lebih banyak, tetapi Firefox memiliki beberapa ekstensi unik yang tidak tersedia untuk pengguna Chrome. Beberapa ekstensi ini sangat bagus sehingga Anda tidak ingin meninggalkan Firefox setelah mengalaminya.

Contoh terbaik adalah fitur Multi-Account Containers. Ekstensi ini memungkinkan Anda untuk menggunakan satu situs web saat masuk ke akun yang berbeda pada browser yang sama secara bersamaan. Misalnya, jika Anda memiliki banyak akun di Twitter dan Anda ingin masuk ke beberapa akun sekaligus, biasanya itu akan merepotkan.

Namun, Multi-Account Containers memungkinkan Anda untuk memiliki container yang berbeda di dalam tab yang berbeda. Anda dapat memiliki dua akun terpisah di jendela Firefox yang sama, tepat bersebelahan. Dengan cara ini, Anda dapat menghemat waktu dan energi yang akan Anda gunakan dengan masuk dan keluar dari akun Twitter yang berbeda atau melalui metode lain yang memakan waktu.

6. Firefox Dapat Melakukan Apa yang Dapat Dilakukan Chrome

Dalam hal mengkonsumsi lebih sedikit baterai, keduanya sangat baik. Dengan kata lain, apa pun yang dapat Anda lakukan di Chrome mungkin juga dapat dilakukan di Firefox.

Ingin menyinkronkan tab, bookmark, profil, dan lainnya di seluruh perangkat? Perlu mengembangkan situs web dengan bantuan pemeriksa elemen dan konsol? Bagaimana dengan keamanan sandbox untuk mencegah infeksi malware? Atau manajer tugas untuk menunjukkan masalah kinerja?

Chrome dapat melakukan hal-hal ini, begitu juga Firefox. Jika Anda enggan meninggalkan Chrome, ingatlah bahwa kedua browser tersebut memiliki lebih banyak persamaan daripada perbedaan.

Eits, Chrome Juga Tak Kalah Unggul Loh!

Meskipun Firefox menawarkan fitur-fitur hebat, Chrome juga masih menyediakan fitur-fitur mumpuni dan berbagai manfaat penjelajahan lainnya yang tidak dimiliki FireFox:

- Streaming Chromecast hanya berfungsi dengan Chrome.

- Pengembangan web tingkat lanjut seringkali lebih mudah di Chrome.

- Chrome memprioritaskan polesan dan kesederhanaan daripada kebebasan, membuatnya lebih mudah digunakan bagi mereka yang tidak paham teknologi.

- Jika Anda terintegrasi dengan layanan Google dan tidak peduli dengan implikasi privasi, Anda dapat menggunakan akun Google Anda untuk menyiapkan berbagai profil Chrome.

- Chrome memiliki lebih banyak pangsa pasar daripada Firefox dan Google tampaknya memiliki pengaruh signifikan terhadap arah teknologi web, sehingga situs web dan aplikasi web cenderung berfungsi lebih baik di Chrome.