Akhirnya! Apple Hadirkan <i>Spatial Audio </i>  dan <i>Streaming Lossless </i>  untuk Pengguna Android
Apple berencana akan menghadirkan streaming lossless ke seluruh katalog. (foto: Bruce Mars / Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Apple akhirnya resmi membawa fitur baru yang mungkin dinanti-nantikan oleh pengguna, yakni dukungan untuk streaming lossless dan Spatial Audio untuk pengguna Android.

Perusahaan teknologi itu telah mengonfirmasi kepada Engadget yang dikutip VOI, Senin 26 Juli, bahwa mereka telah mulai meluncurkan opsi streaming berkualitas tinggi baru tersebut, meski mereka tidak secara khusus disebutkan dalam catatan rilis aplikasi Android.

Apple pertama kali mengumumkan bahwa pembaruan opsi streaming tersedia untuk pelanggan tanpa biaya tambahan pada Mei lalu. Perusahaan menjanjikan pengalaman lebih mendalam yang serupa dengan apa yang ditawarkan Tidal HiFi dan Amazon Music HD.

Opsi tersebut juga hadir untuk pengguna Apple pada Juni lalu, tetapi terbatas pada album tertentu. Apple berjanji untuk membuat konten Dolby Atmos mudah ditemukan dengan daftar putar yang dikurator dan tanda khusus.

Sementara, Apple juga berencana akan menghadirkan streaming lossless ke seluruh katalog dengan 75 juta lagu. Untuk dapat menikmati kualitas audio tinggi anyar ini dan streaming lossless, pengguna harus menggunakan speaker atau headphhone yang kompatibel dengan perangkat.

Sebelumnya Apple mengatakan bahwa earphone serta headphone AirPods dan Beats dengan chip H1 atau W1, juga speaker pada iPhone, iPad, dan Mac terbaru akan bekerja dengan Spatial Audio Dolby.

Sebagai catatan, pengguna juga harus mencari tahu apakah perangkat audio yang digunakan dapat mendukung Spatial Audio. Sementara itu, audio lossless memerlukan koneksi kabel dan tidak akan berfungsi dengan perangkat audio nirkabel.