Format <i>Lossless</i> Apple Music Bisa Didengarkan Pengguna Android
Ilustrasi (9to5mac)

Bagikan:

JAKARTA - Apple berencana secara resmi akan memberikan dukungan streaming lagu dengan resolusi tinggi yang disebut lossless. Nantinya, layanan tersebut dapat digunakan diberbagai perangkat termasuk Android.

Dukungan pemutar musik streaming tersebut akan diumumkan bersamaan dengan acara terbaru Apple dalam waktu dekat dan peluncuran AirPods 3.

Mengutip 9to5mac, Senin 17 Mei, raksasa Cupertino, Amerika Serikat (AS) itu akan mengumumkan kehadiran streming lossless di Apple Music beta. Menariknya, para pengguna Android juga akan mendapatkan dukungan yang sama.

Cara mendengarkan musik dengan format lossless cukup mudah, tetapi pengguna akan memerlukan data yang lebih besar jika dibandingkan dengan format biasa. Sebesar 36 MB dibutuhkan untuk lagu berkualitas lossless pada 24-bit/48 kHz berdurasi 3 menit.

Lebih lanjut, untuk streaming dengan kualitas yang lebih tinggi, pengguna akan menghabiskan 145 MB untuk lagu high lossless 24-bit/48 kHz dengan durasi 3 menit. Sedangkan lagu dengan standar biasa, hanya menghabiskan 1,5 MB saja dengan durasi 3 menit.

Diketahui, format lossless sekarang menjadi fitur yang cukup populer dari layanan streaming musik lain seperti Deezer dan Tidal. Spotify juga bersiap untuk meluncurkan tingkat kualitas yang lebih tinggi.

Biasanya, layanan pihak ketiga ini menawarkan paket lossless sebagai opsi premium yang lebih mahal. Namun, sebuah laporan mengindikasikan Apple Music akan menawarkan layanan lossless tanpa biaya tambahan.

Meski demikian, fitur Apple tersebut hingga kini masih belum ada konfirmasi dari perusahaan kapan pengguna dapat menikmati layanan tersebut.