Bagikan:

JAKARTA - Setelah bertahun-tahun menunggu rilis tier audio lossless yang dijanjikan oleh Spotify, beberapa elemen UI yang bocor menunjukkan bahwa proyek tersebut masih hidup dan berjalan, jika tidak mungkin sudah dekat untuk dirilis.

Bitrate saat ini dari Spotify mencapai 320kbps, tetapi itu bisa segera berubah jika tangkapan layar yang diambil dari versi 1.2.36 dari Spotify oleh Redditor OhItsTom akurat. Mereka menunjukkan apa yang bisa diharapkan pengguna dari fitur lossless, termasuk pemeriksa kompatibilitas perangkat dan kualitas streaming lossless hingga 1.411kbps, dan bisa lebih tinggi lagi.

Bagian lain menyebutkan kualitas lossless hingga 2.117kbps dapat dicapai, yang bisa mengonsumsi 15.9MB data per menit. Dukungan mendengarkan hingga 24-bit/44.1kHz juga mungkin tersedia untuk "lagu-lagu terbatas" melalui format audio FLAC, sesuatu yang juga sebelumnya telah disebutkan dalam sampel kode build Spotify.

Tangkapan layar juga menunjukkan pemeriksa kompatibilitas yang memberi tahu pengguna apakah perangkat mereka, jenis koneksi, dan bandwidth dapat mendukung audio lossless. Ini disajikan bersamaan dengan beberapa teks saran yang menyarankan pengguna untuk mengunduh musik dalam kualitas lossless untuk pengalaman mendengarkan offline terbaik dan memperingatkan pengguna bahwa sebagian besar perangkat Bluetooth "tidak sepenuhnya mendukung suara lossless." Sebaliknya, pengguna diminta untuk menggunakan perangkat berkabel atau mendengarkan secara nirkabel melalui fitur Spotify Connect.

UI ini hanyalah visual untuk saat ini (putar balik lossless belum berfungsi), menurut OhItsTom, yang juga mengklaim bahwa Spotify secara internal merujuk pada fitur tersebut sebagai "enhanced listening" daripada HiFi sekarang. Tangkapan layar lain yang dilaporkan mengungkapkan layar pengenalan aplikasi mobile yang menunjukkan bahwa merek HiFi Spotify juga berganti nama menjadi "Lossless" — salah satu dari beberapa nama yang telah dispekulasikan sejak diumumkan kembali pada Februari 2021, bersamaan dengan desas-desus terbaru tentang tingkat "Supremium" di bawahnya.

Keberadaan elemen UI ini dalam aplikasi bisa menunjukkan bahwa Spotify akhirnya siap untuk merilis fitur yang telah lama dinantikan ini, tetapi tidak mudah untuk memaafkan tiga tahun penghilangan dan janji yang tidak ditepati.

Spotify telah melakukan beberapa upaya untuk meyakinkan penggunanya bahwa HiFi / Lossless / apapun yang kita sebut ini masih "akan datang pada suatu saat". Tetapi layanan streaming audio lain seperti Amazon Music, Apple Music, dan Tidal telah lama menawarkan audio resolusi tinggi. Pada titik ini, kita akan percaya saat melihatnya.