Benarkah Spotify Hanya Janji Palsu Bawa Fitur HiFi ke Aplikasinya?
Spotify memiliki rencana untuk meluncurkan streaming audio berkualitas tinggi lewat Spotify HiFi. (5to9mac)

Bagikan:

JAKARTA - Sudah hampir setahun, Spotify memiliki rencana untuk meluncurkan streaming audio berkualitas tinggi lewat Spotify HiFi. Tetapi, hingga kini fitur tersebut belum juga tersedia.

"Artis dan penggemar telah memberi tahu kami bahwa audio berkualitas HiFi penting bagi mereka. Kami setuju, dan kami senang dapat menghadirkan pengalaman Spotify HiFi kepada pengguna Premium di masa mendatang. (Namun) kami tidak memiliki detail waktu untuk dibagikan hari ini," ungkap juru bicara Spotify.

Spotify HiFi merupakan fitur dengan menyediakan streaming audio berkualitas tinggi setara dengan CD. Awal tahun lalu, perusahaan mengatakan fitur seperti ini termasuk salah satu yang paling banyak diminta oleh pengguna. Saat ini, bitrate audio di Spotify hanya bisa mencapai di 320 kbps.

Kembali pada 2017, Spotify pernah menguji audio berkualitas CD dengan menawarkan beberapa pengguna di Amerika Serikat (AS) akses ke fitur musik lossless dengan tambahan biaya berlangganan 7,50 dolar AS per bulan.

Sejak saat itu, pesaingnya seperti Apple Music juga meluncurkan fitur yang sama, begitu pun Tidal, Deezer dan layanan streaming HD Prancis Qobuz yang tiba di AS pada 2019 lalu.

Di satu sisi, Spotify belum mengatakan berapa biaya fitur HiFi ketika layanan ini bakal diluncurkan lebih luas nantinya, tetapi melihat banyak pesaing, maka akan memaksa Spotify memberikan akses fitur ini secara gratis tanpa biaya tambahan.

Untuk membawa Spotify HiFi, perusahaan telah mengonfirmasi bahwa layanan tersebut hanya akan bekerja dengan speaker yang mendukung Spotify Connect.

Sebagai informasi, Apple Music, Amazon Music dan Tidal semuanya telah memasukkan audio berkualitas CD ke dalam paket standar mereka selama setahun terakhir. Demikian dikutip dari Engadget, Selasa, 11 Januari.