Bagikan:

JAKARTA – Spotify merupakan platform streaming musik yang sangat populer. Meskipun daftar lagunya tidak sebanyak YouTube Musik dan suaranya tidak sejernih Apple Music, kualitas aplikasinya tidak tertinggal.

Jika Anda ingin mendapatkan pengalaman mendengarkan lagu secara maksimal, Anda perlu mengatur beberapa fitur di Spotify. Berikutnya ini cara memaksimalkan penggunaan Spotify, dikutip dari Android Police.

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan penggunaan Spotify adalah mengatur kualitas streaming-nya. Aplikasi ini tidak menawarkan audio HiFi atau lossless, tetapi audionya masih bisa diatur ke mode tertinggi.

Untuk mengubah kualitas audionya, buka Pengaturan dan Privasi di aplikasi, lalu gulir layar ke bawah dan ketuk menu Kualitas Audio. Setelah itu, ubah kualitas streaming menjadi Sangat Tinggi, baik untuk opsi Streaming Wi-Fi maupun Streaming Seluler. 

Berikutnya, Anda bisa mengaktifkan pemutaran tanpa celah untuk menghindari jeda setelah lagu berakhir. Untuk menghilangkan jedanya, buka Pengaturan dan Privasi kembali, lalu cari menu Playback. Berikutnya, aktifkan pemutaran Gapless.

Sekarang, Anda tidak akan menemukan jeda saat sedang mendengarkan lagu di daftar putar yang Anda sukai. Selain memanfaatkan fitur Gapless, Anda juga bisa mengaktifkan fitur Crossfade agar peralihan lagu bisa berjalan dengan mulus.

Terakhir, Anda bisa mematikan animasi Spotify Canvas agar video dari lagu yang Anda dengarkan tidak diputar secara terus-menerus. Dengan mematikan fitur ini, Anda bisa menghemat data seluler sekaligus mengurangi pemakaian data di aplikasi.

Untuk mematikan fiturnya, buka Pengaturan dan Privasi dengan mengetuk profil Anda. Selanjutnya, buka menu Playback, gulir layar ke bawah, lalu matikan toggle button pada opsi Kanvas. Kini, Anda tidak akan melihat pemutaran video saat membuka Now Playing.