Cara Mengubah Kualitas Audio di Spotify dan Apple Music
Mengubah kualitas audio di platform streaming (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

 

JAKARTA – Seluruh platform streaming musik memiliki kualitas yang berbeda, tetapi pengguna bisa mengaturnya untuk mendapatkan kualitas audio terbaik. Jika tidak diatur, pengalaman audionya menjadi tidak maksimal.

Jika Anda ingin mengubah kualitas audio di platform streaming seperti Spotify dan Apple Music, Anda bisa mengubahnya dengan cara yang mudah. Berikut ini merupakan cara mengubah kualitas audio di platform streaming, mengutip dari The Verge.

Spotify

Anda tidak perlu menggunakan versi terbaru dari Spotify jika ingin mengubah kualitas audionya. Anda hanya perlu membuka menu Pengaturan dan Privasi melalui tampilan profil di sudut kiri atas. Cara ini berlaku di iOS dan Android.

Setelah halaman Pengaturan dan Privasi terbuka, gulir layar untuk melihat menu Kualitas Audio. Jika Anda pengguna gratis, Anda hanya bisa memilih satu di antara opsi Otomatis, Rendah, Sedang, dan Tinggi. Jika Anda pengguna Premium, Anda bisa beralih ke mode Sangat Tinggi.

Apple Music

Platform musik yang satu ini memiliki pilihan audio yang berbeda dengan Spotify. Pengguna Apple Music bahkan bisa mengaktifkan fitur audio lossless, yaitu kualitas audio tertinggi yang mempertahankan suara asli dari data di ruang rekaman musik.

Untuk mengubah kualitas audionya, buka Pengaturan, ketuk menu Musik, lalu ketuk Kualitas Audio. Sebelum mengaktifkan kualitas audio yang diinginkan, pilih opsi streaming yang diinginkan. Pengguna akan melihat opsi Streaming Data Seluler, Streaming Wi-Fi, dan Unduhan.

Di masing-masing pemilihan opsi streaming, pengguna akan diminta memilih kualitas audio. Jika Anda mengaktifkan Audio Lossless, Anda akan diminta satu di antara Efisiensi Tinggi, Kualitas Tinggi, Lossless, dan Hi-Res Lossless.