Bagikan:

JAKARTA - Jaringan pertahanan rudal Israel yang rumit menghadapi ujian berat pada Sabtu malam, 13 April berhasil menangkis ‘99 persen’ serangan udara yang diluncurkan dari Iran. Sekitar 170 drone Iran, 120 rudal balistik, dan lebih dari 30 rudal jelajah telah diluncurkan dari wilayah Iran dalam serangan tersebut, melintasi lebih dari 1.100 mil.

Rudal Phalanx  Iran dipukul mundur oleh rudal anti-udara berbasis darat dengan nama seperti ‘Iron Dome,’ ‘David’s Sling,’ dan ‘Arrow-3,’ perangkat keras terbaru dalam gudang senjata pertahanan nasional Israel yang sering diperbarui.

Berikut adalah gambaran peralatan yang telah dikembangkan Israel, terkadang dengan bantuan kontraktor militer Amerika, dan bagaimana cara kerjanya dalam menjaga serangan bombardir.

Iron Dome

Iron Dome pertama kali beroperasi pada 2011, menghadapi uji coba pertamanya lebih dari satu dekade yang lalu, ketika militan di Gaza melepaskan sekitar 1.500 roket ke Israel selama delapan hari pada November 2014.

Dalam dekade operasinya, pejabat dari Pasukan Pertahanan Israel melaporkan tingkat keberhasilan sistem ini 90 persen: statistik yang sulit untuk dinilai mengingat sistem ini dirancang untuk mengejar hanya roket yang berada di jalur kerusakan nyata.

Setiap 1 dari 10 baterai rudal Iron Dome yang  ada dilengkapi dengan radar untuk mendeteksi target udara dan koneksi ke sistem komando dan kontrol otomatis untuk perhitungan penembakan jarak jauh.

Ketika salah satu baterai rudal Dome mendeteksi roket di radar, ia meneruskan data kecepatan dan lintasan proyektil ke pusat kontrolnya, yang kemudian menggunakan informasi tersebut untuk menentukan apakah roket tersebut kemungkinan akan mengenai area berpenduduk.

Sebuah rudal ditembakkan dari matriks 20 rudal pencegat baterai hanya jika rudal roket yang terdeteksi menimbulkan ancaman nyata. Ini langkah penghematan biaya mengingat hujan roket teknologi rendah yang ditembakkan oleh Hamas, Hezbollah, dan militan regional lainnya, yang peralatannya cenderung kurang tepat sasaran.

 

 

 

 

 

View this post on Instagram

 

Iron Beam

Solusi Israel untuk masalah biaya Iron Dome, laser Iron Beam, saat ini juga sedang dalam pengembangan. Laser 100-kilowatt Iron Beam dirancang untuk mencegat dan meledakkan ancaman beberapa roket, artileri, mortir, dan drone dari jarak jauh.

“Saya telah melihat sistem itu ketika saya terakhir kali pergi ke Israel, saya melihat prototipe pertama,” kata Doug Bush, sekretaris asisten Angkatan Darat AS untuk akuisisi, logistik, dan teknologi, pada November lalu. “Itu menarik.”

“Ada potensi jika milik mereka bekerja dengan baik, itu bisa menjadi sesuatu yang bisa kita pertimbangkan untuk memanfaatkan kebutuhan kita di ruang itu,” kata Bush kepada DefenseScoop. Ia menambahkan bahwa Iron Beam berfungsi sebagai pelengkap untuk prototipe Indirect Fire Protection Capability-High Energy Laser (IFPC-HEL) Pentagon.

Iran mengatakan menyerang Israel pada Sabtu malam sebagai usaha ‘pertahanan diri’ menyusul serangan 1 April pada misi diplomatiknya di Damaskus, yang secara luas didalangi oleh Israel.

Arrow-3

Terbaru dan mungkin puncak dari sistem saat ini Israel, Arrow-3, yang dibuat khusus untuk menjatuhkan rudal balistik yang dipersenjatai nuklir dan ‘senjata nonkonvensional’ lainnya - termasuk yang datang dari luar angkasa.

Juru bicara militer utama Israel, Laksamana Muda, Daniel Hagari, mengatakan setelah serangan Sabtu lalu bahwa Arrow-3 telah ‘membuktikan dirinya melawan sejumlah besar rudal balistik’ yang ditembakkan oleh Iran akhir pekan ini, meskipun jenis yang jauh lebih konvensional.

Interceptor rudal Arrow-3 secara signifikan lebih besar daripada yang ditembakkan oleh Iron Dome, yang biasanya hanya selebar 6 inci dan panjang 10 kaki, tetapi masih dipandu oleh sensor miniatur yang canggih untuk ancaman serangan roket jarak pendek yang lebih persisten.

Rudal Arrow-3 sebaliknya adalah roket dua tahap yang substansial, berukuran panjang 23 kaki atau 7 meter, yang bisa bergerak dengan kecepatan hipersonik.

Sebelum serangan Sabtu, Arrow-3 telah digunakan untuk menyerang rudal jarak jauh yang diluncurkan dari Yaman oleh militan Houthi, yang terlibat dalam perang sipil di ujung selatan Semenanjung Arab dan telah memilih pihak dalam konflik Gaza Israel.

Kontraktor militer AS, Boeing, dan perusahaan milik pemerintah Israel, Israel Aerospace Industries, bekerja sama untuk mengembangkan Arrow-3 dengan investasi besar-besaran dari Amerika Serikat.

Keberhasilan rudal pencegat siap ruang angkasa ini kini telah mengarah pada perjanjian senilai  3,5 miliar dolar AS, yang disetujui oleh AS, yang memungkinkan Israel menjual sistem Arrow-3 ke Jerman.

David’s Sling

Seperti Arrow-3, David’s Sling, sebelumnya disebut Magic Wand adalah roket dua tahap dengan jangkauan kuat untuk mencegat rudal yang lebih besar. Rudal anti-udara ini memiliki jangkauan 160 mil dan dapat bergerak dengan kecepatan hingga 7,5 Mach.

Menurut proyek Ancaman Rudal di Pusat Studi Internasional dan Strategis (CSIS), sistem ini menggunakan kedua Stunner dan SkyCeptor kinetik yang disebut ‘hit to kill’ interceptor.

Rudal anti-udara ini memiliki jangkauan lebih dari 160 mil dan dapat bergerak dengan kecepatan yang membutakan hingga 7,5 Mach.

SkyCeptor, khususnya, dirancang untuk menjadi pengganti rudal Patriot buatan AS yang lebih efektif biaya tetapi tidak kurang efektif.

Setiap interceptor ini memiliki dua sistem penargetan dan panduan yang dipasang di ujung hidung rudal, bersama dengan sensor elektro-optik untuk identifikasi lebih lanjut targetnya.

David’s Sling adalah kolaborasi antara perusahaan pertahanan Israel Rafael Advanced Defense Systems dan titan pertahanan AS, Raytheon, yang telah membuat segalanya mulai dari radar jet tempur hingga pos pendengaran NSA untuk aparatus keamanan nasional Amerika.

Sling, tentu saja, mengambil namanya dari senjata terkenal yang digunakan oleh Raja Daud dalam cerita Alkitab tentang Daud dan Goliat, tetapi nama itu juga dimaksudkan untuk merujuk pada jangkauan jarak jauhnya.

“Kami akan dapat mencegat ancaman di ketinggian tinggi di wilayah musuh, tidak persis di atas Israel,” kata satu pejabat Rafael kepada Associated Press. “Kami tidak ingin itu jatuh pada kami, tetapi di atas musuh.”

Awalnya, proyek bersama ini telah dikembangkan untuk secara khusus memerangi rudal jarak menengah yang dilaporkan dimiliki oleh kelompok militan Hezbollah di Lebanon, utara Israel.

Tetapi sekutu AS lainnya sekarang mengejar kemitraan Raytheon untuk versi mereka sendiri dari SkyCeptor - termasuk Rumania yang memulai proyek investasi tiga tahun pada 2023 untuk membangun rudal pencegat, sebagian, karena konflik berkepanjangan di Ukraina yang dekat.