Bagikan:

JAKARTA - Kepala juru bicara militer Israel mengatakan Prancis termasuk di antara negara-negara yang terlibat dalam pertahanan terhadap serangan Iran.

“Prancis memiliki teknologi, jet, radar yang sangat bagus. Dan saya tahu mereka berkontribusi dalam patroli wilayah udara,” kata Daniel Hagari, seraya menambahkan bahwa dia tidak memiliki rincian pasti apakah jet Prancis telah menembak jatuh rudal yang diluncurkan oleh Iran.

Tentara mengklaim telah mencegat 99 persen dari lebih dari 300 proyektil yang ditembakkan. Menteri Israel menyebut Iran sebagai ‘negara teror’ setelah serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya

Keberhasilan intersepsi serangan Iran terjadi pada saat Israel terjebak dalam perang melawan Hamas di Gaza. Israel dan Iran berada di jalur yang bertentangan selama enam bulan serangan Israel di Jalur Gaza.

Serangan yang dipimpin Iran – kurang dari dua minggu setelah serangan Israel ke Suriah yang menewaskan dua jenderal Iran di gedung konsulat Iran – menandai pertama kalinya Iran melancarkan serangan militer langsung terhadap Israel meskipun ada permusuhan selama beberapa dekade sejak negara itu melakukannya pada tahun 1979. Revolusi Islam.

“Serangan Iran diblokir dengan cara yang paling mengesankan, bersama dengan mitra kami, Amerika, dan lainnya… Seluruh dunia hari ini melihat siapa Iran – negara teror,” kata Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant.