Intel Siap Luncurkan Dua Chip Kecerdasan Buatan Khusus China
Intel luncurkan dua chip baru untuk pasar China (foto: x @intel)

Bagikan:

JAKARTA - Intel  akan merilis dua chip kecerdasan buatan (AI) dengan kemampuan yang direduksi untuk pasar China. Ini dilakukan sebagai langkah kepatuhan terhadap kontrol ekspor dan sanksi Amerika Serikat.

Dua chip tersebut, HL-328 dan HL-388, dijadwalkan akan diluncurkan pada bulan Juni dan September depan, sesuai dengan keterangan dalam sebuah white paper yang dipublikasikan di situs web perusahaan dan diberi tanggal 12 April.

Rencana tersebut pertama kali dilaporkan oleh outlet teknologi The Register berdasarkan isi white paper tersebut. Intel, bersama dengan pesaingnya Nvidia, juga merencanakan chip khusus China setelah Amerika Serikat memperketat aturan yang membatasi kemampuan chip AI yang dapat dikirimkan ke China pada akhir tahun lalu.

Chip AI khusus China dari Intel didasarkan pada produk terbaru mereka, Gaudi 3, yang diumumkan pada 9 April, dengan fitur perangkat keras serupa termasuk memori di dalam chip, memori berkapasitas tinggi, dan standar antarmuka. Namun, untuk mematuhi regulasi kontrol ekspor, kinerja chip tersebut akan dikurangi secara signifikan.

Salah satu chip khusus China dari Nvidia, H20, direncanakan akan dikirimkan dalam jumlah kecil pada kuartal pertama tahun 2024, dengan jumlah yang lebih besar diharapkan mulai kuartal kedua, seperti yang dilaporkan oleh Reuters pada bulan Januari lalu.