AMD Rilis Chip Baru untuk Laptop dan Desktop Bisnis Berbasis Kecerdasan Buatan
Advanced Micro Devices (AMD) merilis seri baru chip atau semikonduktor untuk laptop dan desktop bisnis (foto: x @amd)

Bagikan:

JAKARTA - Advanced Micro Devices (AMD) merilis seri baru chip atau semikonduktor untuk laptop dan desktop bisnis yang dioptimalkan untuk kecerdasan buatan (AI) pada Selasa, 16 April. Ini mereka lakukan sebagai upaya untuk memperluas pangsa pasarnya di pasar "AI PC" yang kian menguntungkan.

Dilaporkan AMD dalam sebuah siaran pers, chip-chip ini diharapkan akan tersedia dalam platform laptop buatan HP dan Lenovo  mulai kuartal kedua tahun 2024.

PC AI yang diaktifkan oleh kecerdasan buatan mampu menjalankan model bahasa besar dan aplikasi yang ditenagai oleh teknologi tersebut secara langsung di perangkat, bukan di cloud.

AMD menyatakan bahwa seri terbarunya, Ryzen PRO 8040 Series, dibangun untuk "laptop bisnis dan workstation mobile" sementara seri AMD Ryzen PRO 8000 Series adalah prosesor desktop untuk pengguna bisnis.

Saham AMD pun naik lebih dari 2% dalam perdagangan awal, setelah pengumuman ini.

Para ahli memperkirakan kemungkinan pemulihan pasar PC tergantung pada pengenalan PC AI, ketika konsumen mencari terobosan untuk meningkatkan sistem mereka dengan kemampuan baru.

Kemunculan teknologi AI generatif telah menyebabkan permintaan yang tinggi untuk semikonduktor canggih yang dapat digunakan untuk mengembangkan dan menjalankan program AI kompleks.

AMD menghadapi persaingan sengit dari Intel  dan Nvidia, yang dianggap sebagai pemimpin dalam unit pemrosesan grafis (GPU).

AMD memperkenalkan Seri Ryzen 8000G dari chip desktop pada bulan Januari, ditujukan untuk beban kerja berat yang terkait dengan tugas berbasis AI.

Pada hari yang sama, Nvidia mengungkapkan chip PC AI mereka sendiri - "GeForce RTX SUPER" untuk desktop. Mereka mengatakan Acer, ASUS, Dell Technologies , HP, Lenovo, dan Samsung  akan merilis laptop AI yang menampilkan teknologi mereka.

Intel juga mengatakan pada bulan Januari bahwa mereka berharap "mengirim sekitar 40 juta PC AI pada tahun 2024 saja.